Monday, March 16, 2020

Hindari Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Kulit Wajah Menjadi Kusam

Hindari Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Kulit Wajah Menjadi Kusam



Memiliki wajah yang bersih, sehat dan berseri - seri tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang terutama bagi kaum hawa. Para wanita umumnya sangat menginginkan memiliki wajah yang putih, bersih, sehat, dan tampak berseri - seri supaya terlihat lebih cantik dan lebih cerah. Tetapi, terkadang mereka sering melakukan beberapa hal yang justru dapat berdampak buruk pada kulit wajah mereka. Meskipun terlihat sepele, tetapi beberapa hal ini berikut ini justru dapat membuat kulit wajahnya menjadi terliha kusam. Tetapi, sebelum kita membahas mengenai kebiasaan sepele yang dapat membuat kulit wajah menjadi kusam, ada baiknya kita mengenali lebih jauh tentang wajah anda.

Kulit merupakan organ terluar yang melapisi seluruh bagian tubuh manusia. Kulit juga disebut sebagai organ multi fungsi karena memiliki banyak fungsi bagi tubuh yaitu sebagai pelindung tubuh dari berbagai hal yang membahayakan seperti paparan debu, virus, dan bakteri, sebagai indera peraba, sebagai pengatur suhu tubuh, dan berbagai fungsi lainnya. Salah satu bagian kulit yang harus dijaga kesehatannya adalah bagian kulit wajah. Hal ini dikarenakan hampir setiap orang tentunya menginginkan memiliki wajah yang putih, bersih, dan tidak kusam. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita harus selalu menjaga kesehatan kulit kita supaya tetap sehat, bersih, dan berseri - seri.


Organ kulit sendiri terdiri dari dua lapisan, yaitu :
  • Epidermis : Merupakan lapisan kulit yang paling luar. Lapisan ini juga dikenal sebagai kulit ari.
  • Dermis : Merupakan lapisan kulit yang terletak dibawah lapisan epidermis. Lapisan ini juga dikenal sebagai kulit jangat. Bagian - bagian yang termasuk kedalam lapisan dermis meliputi pembuluh darah, jaringan otot, kelenjar keringat, rambut, folikel rambut, kelenjar minyak, dan serabut saraf.

Banyak sekali permasalahan yang sering terjadi pada kulit wajah. Salah satunya adalah kulit kusam. Kulit kusam sendiri memiliki pengertian yaitu sebagai suatu kondisi kulit yang suram atau tidak bercahaya. Ketika mengalami kondisi kulit kusam, seseorang biasanya langsung mengalami penurunan rasa kepercayaan diri terlebih lagi jika akan bertemu dengan orang yang dianggap penting. Hal ini tentunya tidak bisa dianggap sebagai suatu hal yang bisa diabaikan. Kondisi kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal, bahkan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan sepele anda sehari - hari.

Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan sepele yang dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan harus anda hindari, yaitu :

1. Sering menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir mungkin terlihat sangat sepele dan sering diabaikan. Umumnya kita melakukan kebiasaan ini ketika bibir kita mengalami kering dengan tujuan untuk melembabkannya. Padahal, air liur yang ada pada lidah justru dapat membuat bibir menjadi kering dan menjadi salah satu faktor yang membuat wajah anda terlihat kusam, terutama pada bagian bibir.

2. Memiliki kebiasaan begadang dan merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang daapt membuat wajah menjadi kusam adalah kebiasaan begadang dan merokok. Kebiasaan buruk ini juga bisa menimbulkan berbagai penyakit berat lainnya jika tidak segera anda hentikan seperti penyakit angin duduk, penyakit impotensi, penyakit kanker, dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

3. Asupan nutrisi yang buruk


Seperti yang telah kita ketahui bahwa sebanyak dua pertiga tubuh manusia tersusun atas air. Hal ini tentunya menjadikan air sebagai nutrisi paling penting dalam tubuh kita. Jika tubuh kita kekurangan air, tentunya kita akan mengalami dehidrasi yang mengakibatkan kulit wajah kita menjadi kusam serta tidak bercahaya. Pada kasus yang parah, dehidrasi juga bisa menimbulkan kematian jika tidak segera ditangani. Selain berasal dari air putih, nutrisi penting juga bisa berasal dari beberapa jenis makanan sehat seperti buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang kaya akan berbagai jenis nutrisi, vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain dapat membuat kulit menjadi kusam, kekurang asupan buah dan sayur juga bisa menimbulkan seseorang mengalami mal nutrisi atau penyakit gizi buruk.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search