Monday, March 16, 2020

Ketahui Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Dengan Nasi

Ketahui Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Dengan Nasi


Bagi sebagian orang, mengkonsumsi mie instan paling lezat dan lebih mengenyangkan jika dicampur dengan nasi. Selain mengenyangkan, rasa gurih dari mie instan yang berpadu dengan nasi hangat menghasilkan paduan rasa yang cukup sempurna. Tetapi, anda perlu berhati - hati, karena kebiasaan mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi ternyata berbahaya lho, dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena mie instan merupakan makanan yang memiliki kandungan kanbohidrat, kalium, dan kalori dalam jumlah tinggi. Sedangkan, nasi merupakan makanan pokok yang kandungan karbohidratnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karena itu, ketika anda mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi, maka anda dapat mengalami kelebihan kalori dan karbohidrat yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat muncul jika anda mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi, yaitu :

1. Mengalami kelebihan karbohidrat

Salah satu risiko yang mengintai jika anda mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi adalah mengalami kondisi kelebihan karbohidrat. Kombinasi dari kedua makanan yang tinggi karbohidrat ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa karbohidrat merupakan zat gizi yang bisa memberikan efek mengenyangkan bagi tubuh dalam waktu singkat. Jadi, ketika anda mengkonsumi mie instan dan nasi secara bersamaan, maka perut anda akan cepat kenyang, sehingga anda tidak dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi lain. Hal tersebut jika terus dilakukan dalam jangka panjang bisa membuat tubuh anda mengalami kekurangan gizi dan berisiko mengalami malnutrisi.

2. Meningkatkan hormon insulin

Ketika anda mengkonsumsi nasi dan mie instan secara bersamaan, maka makanan tersebut akan dicerna oleh tubuh dan menghasilkan gula serta meningkatkan produksi hormon insulin. Ketika tubuh anda mengandung gula dan hormon insulin dalam jumlah tinggi, maka anda pun berisiko mengalami penyakit diabetes. Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan buruk ini supaya anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

3. Memicu terjadinya kerusakan hati

Risiko lain yang mengintai jika anda mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi adalah dapat memicu terjaidnya kerusakan hati. Hal ini karena jika anda memiliki kelebihan karbohidrat dalam tubuh anda, maka karbohidrat tersebut akan diubah menjadi zat lain didalam tubuh. Biasanya, kelebihan karbohidrat tersebut diubah menjadi gula dan lemak. Kemudian, jika terjadi penumpukan gula dan penumpukan lemak didalam tubuh anda atau tepatnya diorgan hati anda, maka kedua zat tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hati atau yang juga dikenal sebagai penyakit liver.

4. Menimbulkan perut buncit


Perut buncit merupakan suatu kondisi ketika bentuk perut tidak ideal dengan bentuk tubuh. Hal ini bisa terjadi ketika tubuh anda mengalami kelebihan karbohidrat, sehingga karbohidrat berlebih yang ada diperut anda tetap tersimpan dan membuat lingkar perut anda semakin membesar. Jika kondisi ini diabaikan begitu saja dan tidak segera diatasi, maka kondisi ini dapat berkembang menjadi obesitas yang tentunya dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh. Dari pada mencampurkan mie instan dengan nasi, anda bisa mencampurkan mie instan dengan bahan makanan lain yang lebih menyehatkan dan kaya akan zat gizi seperti sayuran, telur, atau daging sehingga anda bisa terhindar dari berbagai maslaah kesehatan yang timbul akibat kelebihan karbohidrat.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search