Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Akar Astragalus Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Akar Astragalus Bagi Kesehatan


Apakah anda mengetahui apa itu tanaman astragalus ? Astragalus sendiri merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga fabaceae. Tanaman ini diperkirakan berasal dari belahan bumi utara. Astragalus merupakan tanaman yang memiliki batang bercabang serta daun yang berbentuk oval dan memiliki tinggi sekitar 15 - 50 cm. Astragalus sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional terutama dalam pengobatan tradisional tinongkok yang biasanya menggunakan bagian akar dari tanaman ini sebagai obat. Akar dari tanaman astragalus diolah dengan cara direbus dan kemudian airnya diminum. Air dari rebusan akar tanaman astragalus diketahui dapat mengobati berbagai penyakit seperti alergi musiman, gagal jantung, diabetes, serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Menurut laman  healthline, akar dari tanaman astragalus dipercaya dapat memperpanjang usia, memiliki efek anti penuaan serta anti inflamasi. Tanaman astragalus diketahui memiliki lebih dari 2000 spesies, tetapi yang bisa digunakan sebagai obat tradisional hanya dua spesies saja, yaitu astragalus membranaceus dan astragalus mengholicus. Akar tanaman ini sering diolah menjadi berbagai produk kesehatan seperti suplemen, ekstrak cair, kapsul, dan bubuk teh. Para peneliti percaya bahwa astragalus bekerja dengan cara merangsang beberapa faktor sistem kekebalan tubuh. Pada sebuah uji coba yang dilakukan di laboratorium, ekstrak astragalus diketahui dapat meningkatkan aktivitas monosit serta limfosit.

Sebagai tanaman yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional tiongkok, akar tanaman astragalus sudah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti dapat mengatasi gejala flu, infeksi pernapasan bagian atas, fibromyalgia, anemia, HIV/AIDS, serta dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dari akar astragalus, tetapi akar tanaman astragalus dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat melawan penyakit kanker.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat akar astragalus bagi kesehatan, yaitu :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat dari akar astragalus yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, maka berbagai penyakit dan virus berbahaya tidak dapat menyebabkan infeksi serius bagi tubuh. Manfaat akar astragalus yang satu ini didapatkan karena adanya kandungan zat antioksidan yang memiliki efek dalam menangkal berbagai efek negatif dari radikal bebas.

2. Mengatasi gejala flu

Akra astragalus diketahui juga memiliki manfaat untuk mengatasi gejala flu. Hal ini karena adanya sifat anti peradangan yang dimiliki oleh tanaman astragalus. Hal ini tentunya membuat gejala flu seperti pilek dan batuk menjadi lebih ringan dan lebih cepat disembuhkan.

3. Mencegah terjadinya penyakit kanker


Manfaat lain dari akar astragalus adalah dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada akar dari tanaman astragalus yang dapat menangkal beberabagi efek radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search