Monday, March 16, 2020

Simvastatin : Obat Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Simvastatin : Obat Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol


Pada dasarnya, lemak merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh manusia yang berfungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh. Jadi, ketika ada asupan makanan yang mengandung lemak dari luar tubuh, maka lemak tersebut akan tersimpan didalam tubuh dalam bentuk cadangan energi. Kemudian, ketika energi yang kita miliki sudah habis untuk melakukan berbagai aktivitas, maka tubuh kita akan membakar lemak tersebut dan mengubahnya menjadi energi sehingga kita bisa beraktivitas kembali. Tetapi, jika lemak yang ada didalam tubuh tidak dibakar atau dengan kata lain anda jarang melakukan aktivitas fisik, maka lemak tersebut akan menumpuk dan berkembang menjadi kolesterol jahat yang justru dapat membahayakan kesehatan.

Kolesterol jahat atau LDL ini terbentuk ketika adanya penumpukkan lemak didalam pembuluh darah. Kemudian, dari tumpukkan kolesterol jahat tersebut berkembanglah berbagai penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung. Oleh karena itu, anda harus berupaya sekuat mungkin supaya tidak terjadi penumpukkan kolesterol jahat di tubuh anda. Salah satu obat yang bisa anda gunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah simvastatin. Simvastatin merupakan obat yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan kadar lemak jahat seperti LDL dan trigliserida. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan  untuk meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam darah.

Simvastatin termasuk kedalam golongan obat statin yang bekerja dengan cara menurunkan jumlah kolesterol yang dihasilkan oleh organ hati. Ketika kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh mengalami penurunan, hal tersebut tentunya dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung. Untuk membantu memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja obat ini, anda harus merubah pola makan dan menjalani diet sehat seperti diet rendah kolesterol dan rendah lemak , serta rutin berolahraga dan selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Jika anda merupakan perokok aktif, maka anda juga dianjurkan untuk menghentikan aktivitas merokok anda secara total untuk mengoptimalkan kinerja obat simvastatin.

Simvastatin merupakan jenis obat yang dikonsumsi secara oral atau melalui mulut. Obat ini juga dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan menambahkan dosis atau mengkonsumsi obat lebih sering dari aturan yang telah ditetapkan. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, minumlah obat ini secara rutin pada waktu yang sama setiap hari. Simvastatin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis simvastatin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk pencegahan penyakit jantung : 5 - 40 mg oral sekali sehari di malam hari.
  • Dosis dewasa untuk penderita jantung koroner : 10 - 20 mg oral sekali sehari di malam hari dimulai bersamaan dengan diet dan olahraga.
  • Dosis dewasa untuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular : 5 - 40 mg oral sekali sehari dimalam hari.


Dosis simvastatin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis simvastatin yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat simvastatin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat simvastatin, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot ringan
  • Konstipasi
  • Ruam kulit ringan
  • Masalah tidur
  • Munculnya gejala flu




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search