Monday, March 16, 2020

Ketahui manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

Ketahui manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mencicipi buah sukun? bagi anda yang pernah mencobanya, buah sukun tentunya menjadi sangat lezat jika diolah dengan cara digoreng maupun dikukus. Buah sukun memiliki tekstur daging yang lembut seperti roti dan juga memiliki rasa yang gurih. Maka tidak heran jika orang - orang eropa menyebut buah sukun sebagai buah roti. Pohon sukun umumnya merupakan pohon yang tinggi, bahkan tinggi dari pohon sukun dapat mencapai 30 meter. Meskipun, rata - rata tinggi pohon sukun di pedesaan hanya berkisar belasan meter saja. Buah sukun merupakan bahan pangan penting yang mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi bagi Negara - Negara kepulauan tropic terutama di samudera pasifik dan asia tenggara.

Buah sukun diketahui kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat. Bahkan, satu cangkir buah sukun yang memiliki berat 220 gram diketahui mengandung energi sebesar 227 kalori atau setara dengan 11% kebutuhan kalori harian anda. Selain itu, buah sukun juga mengandung lemak yang setara dengan 1% kebutuhan lemak harian. Buah sukun juga mengandung berbagai jenis zat gizi lainnya seperti karbohidrat kompleks, serat, serta protein berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, buah sukun juga mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan vitamin B. Oleh karena itu, maka tidak heran jika buah sukun memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah sukun bagi kesehatan, yaitu :

1. Cepat memberikan rasa kenyang

Dalam 220 gram buah sukun, diketahui mengandung 59,7 gram karbohidrat atau yang setara dengan 20% kebutuhan karbohidrat harian anda. Selain itu, buah sukun juga mengandung 10,8 gram serat yang memenuhi 43% kebutuhan serat harian, serta 2,4 gram protein. Berbagai kandungan zat gizi tersebut tentunya membuat orang yang mengkonsumsi buah sukun menjadi lebih cepat kenyang dan rasa kenyangnya dapat bertahan lebih lama.

2. Membantu melawan radikal bebas

Buah sukun juga diketahui mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Kedua kandungan ini diketahui dapat membantu tubuh dalam melawan efek radikal bebas. Sperti yang kita ketahui bahwa paparan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari infeksi saluran pernapasan, penuaan dini, hingga penyakit kanker.

3. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah


Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, buah sukun merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan seratnya bahkan dapat mencukupi 43% kebutuhan serat harian. Kandungan serat yang tinggi pada buah sukun inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat yang ada pada buah sukun juga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko obesitas, menurunkan tekanan darah, serta melindungi usus besar dari senyawa kimia pemicu kanker.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search