Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Biji Rami Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Biji Rami Bagi Kesehatan



Biji rami mungkin masih kurang populer di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, makanan yang memiliki nama lain flaxseed ini disebut - sebut sebagai makanan super yang sangat kaya akan nutrisi. Ada banyak sekali jenis biji - bijian yang bisa dijadikan sumber pangan yang bernutrisi tinggi seperti biji almond, biji chia, dan salah satunya adalah biji rami. Biji rami sendiri merupakan salah satu jenis biji - bijian utuh dan sering diolah menjadi tepung. Selain dapat diolah menjadi tepung, biji rami juga bisa diolah menjadi suplemen herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis gangguan pencernaan seperti sembelit kronis, radang usus, diare, radang selaput usus besar, iritasi pada lapisna usus besar dan radang selaput perut.

Selain dapat menjadi sumber antioksidan dan lemak yang baik, beberapa penelitian terbaru juga menemukan fakta bahwa biji rami dapat digunakan untuk menurunkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung.


Berikut ini merupakan manfaat biji rami bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Kaya akan asam lemak omega 3

Biji rami diketahui kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang telah terbukt bermanfaat  untuk mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan fungsi otak. Dalam 1 sendok makan biji rami, diketahui  mengandung asam lemak omega 3 sebanyak 7 mg yang cukup untuk memenuhi kebutuhan omega 3 harian anda.

2. Membantu mengobati sembelit dan diare

Biji rami juga bisa berfungsi sebagai pencahar atau obat alami untuk membantu mengatasi penyakit sembelit. Sebuah studi yang melibatkan 50 orang pasien hemodialisis  yang mengalami sembelit diberikan minyak biji rami secara rutin. Hasilnya adalah minyak biji rami ternyata mampu meningkatkan frekuensi buang air besar dan meningkatkan konsistensi feses.

3. Memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Biji rami diketahui memiliki kandungan asam alfa linoleat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa biji rami juga dapat membantu mengurangi peradangan pada sel kulit serta meningkatkan regenerasi sel kulit anda.

4. Membantu menurunkan berat badan


Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal appetite menemukan fakta bahwa biji rami dapat membantu menekan nafsu makan sehingga membuat asupan makanan anda menjadi menurun. Selain itu, biji rami juga dapat membantu anda dalam melakukan proses detoksifikasi didalam tubuh sekaligus dapat membantu menurunkan berat badan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search