Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Teh Rooibos Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Teh Rooibos Bagi Kesehatan


Nama rooibos mungkin masih sangat asing di telinga kita. Selain itu, teh rooibos juga masih kurang populer jika dibandingkan dengan jenis teh herbal lainnya. Hal ini tentunya sangat wajar, mengingat tanaman rooibos bukanlah tanman yang berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari afrika selatan. Rooibos atau yang juga dikenal sebagai semak merah merupakan anggota dari keluarga fabaceae dan sering diolah menjadi produk minuman atau teh herbal. Di Negara asalnya yaitu afrika selatan, teh rooibos sering kali diminum dengan tambahan susu dan gula. Namun, di tempat lain teh rooibos biasa diminum tanpa menggunakan kedua tambahan zat tersebut.

Teh rooibos dikenal memiliki aroma yang khas serta mengandung lebih rendah kafein jika dibandingkan dengan teh hitam maupun teh hijau. Teh rooibos dibuat dibuat melalui proses permentasi daun sehingga warnanya menjadi merah kecokelatan. Tetapi, jika anda menginginkan teh rooibos yang murni tanpa fermentasi, di pasaran juga tersedia teh rooibos yang masih asli. Meskipun teh rooibos masih kurang populer di Indonesia, anda tetap bisa membeli teh rooibos di toko khusus yang menjual teh - teh herbal ataupun melalui pemesanan online. Selain dinikmati dalam keadaan hangat, teh rooibos jugadapat dinikmati dalam keadaan dingin dengan cara ditambahkan es batu kedalamnya.

Tidak seperti jenis teh pada umumnya, teh rooibos mengandung sedikit sekali kafein. Meskipun kafein dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan suasana hati, tetapi kafein juga dapat menimbulkan efek negatif seperti jantung berdebar, cemas, sakit kepala, dan sulit tidur. Teh rooibos juga tidak mengandung tanin dan asam oksalat. Tanin sendiri merupakan senyawa alami yang terdapat pada tanaman tertentu yang dapat mengganggu  proses penyerapan zat besi. Sedangkan asam oksalat merupakan suatu zat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Rendahnya kadar tanin, kafein, dan asam oksalat inilah yang menjadikan teh rooibos aman dikonsumsi oleh semua orang.

Selain memiliki rasa yang cukup pas dimulut, teh rooibos ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat teh rooibos bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Meningkatkan kadar antioksidan didalam tubuh

Teh rooibos diketahui mengandung senyawa antioksidan yaitu aspalathin dan quercetin yang dapat menangkal efek radikal bebas. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal food chemistry menemukan fakta adanya peningkatan kadar antioksidan dalam darah sebanyak 2,9 % pada orang yang mengkonsumsi teh rooibos. Meskipun tidak besar, kenaikan kadar antioksidan didalam tubuh tersebut tentunya tetap memberikan efek positif bagi tubuh terutama dalam hal menangkal paparan radikal bebas.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain dapat melawan radikal bebas, kandungan antioksidan yang ada pada teh rooibos diketahui juga dapat berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of ethnopharmacology, menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi teh rooibos dapat meningkatkan kadar kolestrol baik di dalam tubuh sehingga turut menjaga kesehatan jantung anda.

3. Menjaga kadar gula darah


Teh rooibos juga diketahui memiliki manfaat untuk mengendalikan kadar gula darah. Hal ini karena adanya kandungan aspalathin didalamnya yang bersifat antidiabetik sehingga dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Tetapi, penelitian ini baru sebatas pada teh rooibos hijau yang belum difermentasi saja.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search