Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mengkonsumsi ikan nila? Ikan air tawar yang satu ini paling enak dikonsumsi dengan cara dibakar. Selain itu, ikan nila juga diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Ikan nila sendiri merupakan jenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan ini awalnya berasal dari afrika timur dan saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Ikan nila juga termasuk ikan yang cepat berkembang biak sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini juga termasuk jenis ikan omnivora atau pemakan segala sehingga tidak membutuhkan perlakukan khusus dalam perawatannya. Selain mudah dibudidayakan, ikan nila ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat ikan nila bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui, yaitu :

1. Mengandung asam lemak yang bermanfaat

Ikan nila diketahui memiliki kandungan beberapa jenis asam lemak seperti asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Meskipun kandungan omega 3 pada ikan nila tidak setinggi ikan salmon, tetapi kandungan omega 3 pada ikan nila diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam atau daging sapi. Perlu di ketahui bahwa asam lemak omega 3 memiliki manfaat dalam mendukung kerja selaput sel dalam tubuh serta berperna penting dalam menjaga kesehatan darah, paru - paru, dan sistem kekebalan tubuh. American heart association juga menyarankan untuk mengkonsumsi ikan nila setiap dua minggu sekali untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sementara itu, kandungan asam lemak omega 6 yang terdapat pada ikan nila memiliki fungsi untuk menjaga supaya kadar kolesterol dalam darah tetap terkendali. Asam lemak omega 6 akan mempersiapkan sel - sel otot supaya dapat merespon insulin dengan lebih baik.

2. Memiliki kandungan selenium

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 350.000 orang menemukan fakta bahwa orang - orang yang memiliki kadar selenium yang cukup tinggi didalam tubuhnya, diketahui memiliki risiko yang lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker payudara, paru - paru, usus, dan prostat. Ikan nila menjadi salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan kandungan selenium. Perlu diketahui bahwa ikan nila memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi, yaitu sekitar 47 mikrogram. Selain dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker, kandungan selenium pada ikan nila juga dapat memberikan manfaat lainnya yaitu dapat membantu kelenjar tiroid supaya bekerja lebih baik, mengurangi terjadinya kerusakan DNA, dan menigkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Baik untuk ibu hamil


Nutrisi asam lemak omega 3 yang ada pada ikan nila diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan dan perkembangan janin. Sehingga, ikan nila juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin yang ada didalam kandungannya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search