Monday, March 16, 2020

Leuprorelin : Obat Terapi Untuk Penderita Kanker Prostat Stadium Lanjut

Leuprorelin : Obat Terapi Untuk Penderita Kanker Prostat Stadium Lanjut


Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh perkembangan sel abnormal atau sel kanker didalam tubuh. Ada banyak sekali jenis penyakit kanker dan dinamakan berdasarkan tempat berkembangnya sel kanker tersebut. Salah satu jenis penyakit kanker yang banyak dialami oleh kaum pria adalah penyakit kanker prostat. Kaker prostat merupakan penyakit yang berkembang di area sistem reproduksi pria, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kelenjar prostat. Kanker protat terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan berkembang secara tidak terkendali. Sel kanker yang tumbuh secara abnormal ini dapat berkembang secara metafisis dan menjalar kebagian tubuh lain diluar prostat serta dapat menimbulkan berbagai gejala seperti timbulnya rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi, dan berbagai gejala lainnya.

Perawatan terhadap penyakit kanker prostat dilakukan berdasarkan tingkat stadium atau keparahan penyakit, yang dimulai dari stadium awal hingga stadium lanjut. Jika kanker prostat yang dialami sudah memasuki stadium lanjut, maka tim dokter akan memberikan obat terapi khusus yang bernama leuprorelin. Leuprorelin merupakan obat yang digunakan sebagai obat terapi atau perawatan pada pria yang mengidap penyakit kanker prostat stadium lanjut. Obat ini tidak bisa menyembuhkan kondisi kanker prostat yang dialami, tetapi dapat meringankan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Leuprorelin bekerja dengan cara mengurangi jumlah hormon testosterone yang diproduksi oleh tubuh, sehingga dapat membantu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Obat leuprorelin juga bisa digunakan untuk mengobati kondisi puber awal pada anak - anak. Dalam mengatasi kondisi puber awal, leuprorelin bekerja dengan cara membantu menunda perkembangan seksual dan menunda terjadinya menstruasi dini. Obat ini diberikan melalui injeksi atau jarum suntik dibawah kulit biasanya sebanyak 1 kali dalam sehari atau sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter anda. Pada anak - anak, dosis diberikan berdasarkan berat badan serta respon medis anak pada terapi atau perawatan yang sedang dilakukan. Leuprorelin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis leuprorelin untuk orang dewasa

Dosis dewasa pengidap kanker :
  • 1 mg injeksi subkutan sekali sehari.
  • 7,5 mg depot intramuscular sekali sebulan.
  • 22,5 mg depot intramuscular tiap tiga bulan sekali.
  • 30 mg depot intramuscular setiap 4 bulan sekali.
  • 45 mg injeksi subkutan tiap 6 bulan sekali.
Dosis dewasa untuk pengidap endometriosis :
  • 3,75 mg intramuscular sebulan sekali selama 6 bulan.
Dosis dewasa untuk uterine leiomyomata :
  • 3,75 mg intramuscular sebulan sekali selama 6 bulan.


Dosis leuprorelin untuk anak - anak

Dosis anak untuk pubertas awal :
  • Berat tubuh kurang dari 25 kg : 7,5 mg intramuscular sebulan sekali.
  • Berat tubuh 25 kg - 37,5 kg : 11,25 mg intramuscular sebulan sekali.
  • Berat tubuh diatas 37,5 kg : 15 mg intramuscular sebulan sekali


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, leoprorelin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat leuprorelin, yaitu :
  • Meningkatnya pertumbuhan rambut di wajah
  • Munculnya jerawat
  • Pusing, lemah, merasa lelah
  • Berkeringat saat tidur
  • Muntah, diare, dan konstipasi




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search