Thursday, March 26, 2020

Minoxidil : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Hipertensi

Minoxidil : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Hipertensi



Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama hipertensi. Hipertensi atau yang juga kita kenal dengan penyakit darah tinggi memiliki pengertian sebagai kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah arteri. Kekuatan darah ini dapat berubah dari waktu ke waktu yang dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan oleh jantung dan daya tahan pembuluh darahnya. Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mmHg. Penyakit ini juga sering disebut sebagai pembunuh senyap karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang, tetapi dapat membuat seseorang mengalami penyakit kronis yang dapat merenggut nyawa seperti penyakit jantung.

Untuk mengobati dan mengendalikan tekanan darah tinggi yang sedang anda alami, anda bisa menggunakan obat minoxidil. Minoxidil merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Obat ini termasuk jenis obat vasodilator yang bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dapat mengalir dengan lancar. Dengan melebarnya pembuluh darah, hal ini tentunya juga memungkinkan tekanan darah yang semula tinggi akan menurun secara perlahan – lahan. Dengan terkendalinya tekanan darah, maka risiko anda terserang berbagai penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung juga ikut menurun.

Minoxidil juga dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Obat ini bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah sehingga folikel rambut bisa mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi dan oksigen, maka dapat memperlancar pertumbuhan rambut. Minoxidil merupakan jenis obat yang dapat diminum baik sebelum makan maupun sesudah makan. Konsumsilah obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jangan mencoba untuk menambah maupun mengurangi dosis obat karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Minoxidil merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis minoxidil untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk tekanan darah tinggi : 10 – 40 mg yang terbagi dalam 1 – 2 dosis dan dikonsumsi sebayak satu kali sehari.


Dosis minoxidil untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis minoxidil yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, minoxidil juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat minoxidil, yaitu :
·         Mual dan muntah
·         Pusing
·         Sakit kepala ringan
·         Mengantuk
·         Jantung berdebar – debar

·         Timbul ruam kemerahan pada kulit





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search