Monday, April 13, 2020

Chlormethine : Obat Untuk Mengobati Beberapa Jenis Kanker

Chlormethine : Obat Untuk Mengobati Beberapa Jenis Kanker



Anda pasti sudah sering mendengar tentang penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang banyak diderita oleh masyarakat indonesia. Penyakit kanker umumnya disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal didalam tubuh dan menyebar secara massif serta menginfeksi berbagai jenis organ tubuh. Jenis dari penyakit kanker dinamakan berdasarkan organ atau bagian tubuh yang diserang, seperti kanker darah jika sel kanker menginfeksi sel darah, kanker hati jika sel kanker menginfeksi organ hati, kanker payudara jika sel kanker menyerang organ payudara, dan berbagai jenis penyakit kanker lainnya. Untuk mengobati penyakit kanker, dokter biasanya akan menggunakan salah satu jenis metode pengobatan kanker seperti metode operasi maupun metode kemoterapi.

Pada metode operasi, sel kanker ataupun bagian tubuh yang telah rusak diangkat secara langsung dari tubuh untuk mencegah penyebaran sel kanker tersebut. Metode ini umumnya digunakan untuk mengobati penyakit kanker yang belum menyebar. Jika sel kanker sudah menyebar dan menginfeksi hampir seluruh jaringan tubuh, dokter biasanya akan menggunakan metode kemoterapi untuk membunuh sel kanker. Metode kemoterapi merupakan salah satu jenis metode pengobatan kanker yang dilakukan dengan cara memberikan obat – obatan atau bahan kimia secara terus menerus untuk membunuh sel kanker yang ada didalam tubuh. Metode ini biasanya menimbulkan efek samping berupa ikut matinya sel – sel sehat pada tubuh yang menyebabkan terjadinya kerontokkan rambut dan berbagai efek samping lainnya.

Salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kanker adalah chlormethine. Chlormethine merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit kanker. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Chlormethine juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit hodgkin dan limfoma non hodgkin. Obat ini biasanya diberikan melalui suntikkan ke pembuluh nadi atau intravena oleh tenaga medis professional. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Chlormethine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis chlormethine untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk penyakit ganas : Obat ini diberikan melalui intravena sebanyak 0,4 mg/kg per hari.


Dosis chlormethine untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat chlormethine yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga hanya dapat diberikan kepada pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat chlormethine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat chlormethine, yaitu :
  • Mual, muntah, dan hilangnya nafsu makan
  • Mulut terasa sakit
  • Vertigo
  • Diare
  • Kerontokan rambut sementara
  • Ruam
  • Merasa lemas





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search