Monday, April 13, 2020

Mengenal Bunga Arnica Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Bunga Arnica Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan



Apa yang anda ketahui tentang bunga arnica ? Sebagian orang mungkin belum mengetahui dan belum pernah mendengar tentang bunga yang satu ini. Arnica merupakan jenis tanaman berbunga yang sering diolah menjadi obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti osteoarthritis, keseleo, luka, jerawat, bisul, ruam, dan mengobati peradangan akibat memar. Bunga arnica sendiri memiliki wujud atau bentuk yang hampir sama dengan bunga daisy yang biasa ditemukan di wilayah amerika utara dan benua eropa. Bunga arnica diketahui juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan mengatasi berbagai gangguan kardiovaskular.

Bunga arnica sering diolah menjadi obat herbal dalam bentuk salep atau krim. Meskipun demikian, ekstrak bunga arnica dalam jumlah kecil juga sering digunakan sebagai penambah rasa makanan atau minuman. Selain itu, ekstrak bunga arnica juga sering ditemukan dalam tonik rambut dan shampoo anti ketombe. Meskipun belum ada penelitian yang cukup memadai mengenai sifat dan manfaat dari tanaman ini, tetapi sejumlah penelitian kecil menyebutkan bahwa bunga arnica dapat bertindak sebagai :
  • Agen anti peradangan
  • Agen sitotoksik yang dapat menghentikan dan menghambat pertumbuhan sel kanker

Karena berperan sebagai agen anti peradangan dan agen sitotoksik, maka tidak heran jika bunga arnica memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat bunga arnica bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mengatasi Infeksi Kulit

Bunga arnica diketahui memiliki kandungan zat nti bakteri yang cukup tinggi. Kandungan anti bakteri yang ada pada tanaman ini sering digunakan serta dimanfaatkan menjadi obat anti jerawat. Ekstrak bunga arnica juga sangat sesuai serta aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Hal ini karena ektrak bunga arnica memiliki formula bahan yang lembut dikulit serta tidak menimbulkan alergi.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Ekstrak bunga arnica juga sering digunakan dan diolah menjadi salep obat luka yang digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami luka. Luka yang dapat diobati menggunakan salep bunga arnica adalah luka yang diitmbulkan oleh jerawat dan luka terbuka. Manfaat bunga arnica sebagai obat luka diperoleh karena adanya kandungan zat aktif didalamnya yang mampu menstimulasi pembetukan jaringan tisu yang baru sehingga kulit dapat sembuh dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, bunga arnica juga mengandung zat anti peradangan yang dapat mengurangi gatal dan ruam yang ditimbulkan oleh luka tersebut.

3. Menenangkan kulit


Bunga arnica diketahui dapat digunakan untuk mengatasi sunburn atau sensasi terbakar akibat paparan sinar matahari. Orang yang sering beraktivitas diluar ruangan tentunya sangat berpotensi mengalami sunburn serta mengalami iritasi kulit akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari tersebut tidak jarang juga menimbulkan rasa gatal dan ruam pada kulit. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengoleskan salep bunga arnica ke area kulit yang mengalami iritasi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search