Monday, April 13, 2020

Ketahui Jenis Vitamin Yang Dapat Membantu Mengatasi Sembelit

Ketahui Jenis Vitamin Yang Dapat Membantu Mengatasi Sembelit


Sembelit atau yang juga sering disebut sebagai konstipasi merupakan suatu kondisi terjadinya gangguan pada sistem pencernaan manusia yang ditandai dengan terjadinya pengerasan pada tinja sehingga sulit untuk dibuang. Jika dibiarkan begitu saja tanpa diobati, penyakit sembelit bisa menimbulkan terjadinya peradangan pada anus bahkan dapat berkembang menjadi penyakit ambeien dan wasir. Seseorang bisa dikatakan mengalami konstipasi atau sembelit jika ia hanya buang air besar sebanyak tiga kali dalam seminggu. Kondisi ini biasanya disebabkan karena orang tersebut jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Oleh karena itu, untuk mengatasi penyakit ini, anda dianjurkan untuk mmperbanyak asupan serat setiap harinya.

Selain diharuskan untuk memperbanyak asupan serat, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis vitamin yang diketahui dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit sembelit. 


Berikut ini merupakan beberapa jenis vitamin yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit sembelit, yaitu :

1. Vitamin C

Jenis vitamin pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit sembelit adalah vitamin C. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Jadi, ketika tubuh anda sudah cukup mendapat asupan vitamin C, maka sisa vitamin yang tidak terserap akan memberikan efek osmotik pada saluran pencernaan anda. Efek osmotik ini kemudian akan membuat feses anda mengalami pelunakkan sehingga menjadi mudah untuk dikeluarkan. Tetapi, anda perlu membatasi asupan vitamin C harian anda supaya tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan seperti diare, mual, dan terjadinya kram pada perut. Selain itu, jika anda mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan, maka tubuh anda dapat menyerap zat besi lebih banyak sehingga penyakit sembelit anda justru semakin parah.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan jenis vitamin yang bisa anda temui pada beberapa jenis bahan makanan seperti pada hati sapi maupun pada beberapa jenis ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna. Ketika seseorang mengalami defisiensi vitamin B12, maka salah satu gejala yang muncul adalah terjadinya sembelit. Jadi, dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12 harian anda, maka andapun dapat terhindar dari penyakit tersebut.

3. Vitamin B9


Vitamin yang memiliki nama lain asam folat ini mungkin sudah tidak asing dan sering terdengan ditelinga ibu hamil. Hal ini karena wanita hamil diharuskan untuk mencukupi kebutuhan asam folat hariannya supaya janin yang ada didalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna. Selain bermanfaat bagi perkembangan janin, vitamin b12 atau asam folat ini ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Hal ini karena vitamin B12 bekerja dengan cara menstimulasi pembentukan asam pada saluran pencernaan sehingga dapat membantu meringankan penyakit sembelit.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search