Monday, April 13, 2020

Leflunomide : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Rheumatoid Arthritis

Leflunomide : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Rheumatoid Arthritis


Tubuh manusia tersusun atas berbagai organ tubuh mulai dari otak, ginjal, lambung, jantung, paru – paru, dan berbagai organ tubuh lainnya. Organ tubuh manusia bagian dalam, dilindungi oleh tulang yang berperan sebagai kerangka tubuh, lalu dilapisi oleh daging dan ditutup dengan kulit. Beberapa bagian tubuh kita bisa bergerak secara leluasa karena adanya peran sendi. Sendi merupakan penghubung antar tulang sehingga tulang bisa digerakkan. Jika kita memiliki sendi yang sehat, maka kita bisa bergerak secara leluasa tanpa mengalami gangguan apapun. Tetapi, jika sendi kita sedang mengalami gangguan atau penyakit, maka terkadang kita akan merasakan nyeri pada area sendi yang bermasalah.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada sendi adalah rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis merupakan suatu penyakit atau masalah kesehatan yang dapat menyebabkan peradangan, timbulnya rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Rheumatoid arthritis merupakan gangguan kesehatan yang mempengaruhi lapisan sendi anda serta dapat menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan. Penyakit ini diketahui disebabkan oleh adanya gangguan autoimun. Penyakit rheumatoid arthritis paling sering menyerang sendi yang terdapat pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Penyakit ini dapat mempengaruhi penderitanya dalam melakukan beberapa aktivitas harian seperti menulis, membuka botol, memakai baju, hingga membawa barang.

Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa menggunakan obat leflunomide. Leflunomide merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit rheumatoid arthritis. Obat ini termasuk kedalam jenis obat disease modifying antirheumatic drugs (DMARD) yang bekerja dengan cara membantu mengurangi kerusakan, nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada sendi sehingga dapat membantu anda untuk bergerak lebih baik. Minumlah obat ini sesuai dengan petunjuk dokter. Leflunomide merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Leflunomide merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis leflunomide untuk orang dewasa
  • Dosis awal : 100 mg sekali sehari selama 3 hari.
  • Dosis pemeliharaan : 10 – 20 mg setiap hari.


Dosis leflunomide untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat leflunomide yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat leflunomide juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat leflunomide, yaitu :
  • Nyeri perut, diare, kehilangan nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Sakit kepala
  • Sakit punggung
  • Mati rasa




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search