Monday, April 13, 2020

Ketahui Manfaat Daun Senna Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Senna Bagi Kesehatan


Apakah anda mengetahui tentang tanaman obat yang bernama daun senna ? Sebagian orang mungkin belum pernah mendengar nama tanaman obat yang satu ini. Daun senna atau yang memiliki nama lain daun jati tiongkok merupakan genus besar tanaman berbunga dari keluarga fabaceae. Tanaman ini merupakan jenis tanaman tahunan yang memiliki tinggi pohon sekitar 10 – 20 meter. Kayu dari pohon senna sering digunakan sebagai kayu bakar, dan bagian daunnya sering diolah menjadi obat tradisional. Daun senna yang memiliki kualitas terbaik adalah yang berwarna hijau kebiruan. Sedangkan daun senna yang memiliki kualitas terburuk adalah yang berwarna kuning.

Daun dari tanaman senna memiliki kandungan atau senyawa aktif yang merupakan glikosida dimer dengan aglikon yang terdiri dari aloemodin dan latau rein. Daun senna merupakan tanaman yang berasal dari wilayah afrika utara. Di tempat asalnya, tanaman ini dikenal sebagai obat pencahar untuk memperlancar buang air besar dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk pil, kapsul, atau diolah menjadi teh. Karena adanya berberapa kandungan zat aktif didalamnya, maka tidak heran jika daun senna memiliki manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat daun senna bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Memperlancar buang air besar

Di wilayah afrika utara, daun senna sudah dikenal sebagai obat pencahar alami. Masyarakat setempat biasanya mengolah daun senna menjadi teh, dan air seduhannya diminum untuk mengobati sembelit. Manfaat daun senna sebagai obat pencahar alami ini diperoleh karena adanya zat aktif pada daun senna yang dapat membuat dinding usus anda berkontraksi sehingga pencernaanpun menjadi lancar. Selain itu, daun senna juga dipercaya dapat menghilangkan rasa panas dari usus serta dapat membantu membuang sisa makanan yang sudah menumpuk didalam organ pencernaan.

2. Meredakan gejala penyakit ambeien

Ambeien merupakan suatu kondisi ketika bagian kecil dari usus besar keluar dari organ anus. Kondisi ini biasanya menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar karena terdapat penyumbatan yang terjadi pada anus yang menimbulkan peradangan. Untuk meredakan gejala ambeien, anda bisa menggunakan obat yang berbahan dasar daun senna. Hal ini dibutikan melalui sebuah penelitian yang menggunakan tikus percobaan dan menunjukkan bahwa tikus yang diberikan ekstrak daun senna diketahui mengalami penurunan radang yang terjadi pada saluran pencernaan.

3. Mempersiapkan usus sebelum menjalani kolonoskopi


Kolonoskopi merupakan tes skrining untuk mendeteksi kanker usus besar. Sebelum menjalani tes ini, dokter mungkin akan menyuruh anda untuk mengosongkan isi usus besar dan rektum anda. Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengosongkan saluran pencernaan anda adalah dengan mengkonsumsi obat pencahar. Tetapi, jika anda tidak dapat menemukan atau membeli obat pencahar, anda juga bisa mengkonsumsi seduhan daun senna. Hal ini karena daun senna memiliki manfaat yang setara dengan obat pencahar dalam memperlancar buang air besar. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda perlu mencampurkan beberapa zat kedalam seduhan daun senna seperti manitol, larutan salin, dan simetikol.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search