Monday, April 13, 2020

Ketahui Porsi Makan Yang Tepat Untuk Anak Usia Tiga Tahun

Ketahui Porsi Makan Yang Tepat Untuk Anak Usia Tiga Tahun


Masa balita, merupakan periode keemasan bagi tumbuh kembang seorang anak. Pada periode tersebut, seorang anak mengalami perkembangan pada berbagai aspek tubuh baik perkembangan fisik maupun perkembangan kecerdasan atau emosional. Oleh karena itu, orang tua diharapkan dapat mengoptimalkan periode emas ini dengan cara mencukupi kebutuhan gizinya serta merangsang perkembangan otak atau kecerdasannya. Pada masa ini, seorang anak mulai terampil dalam pergerakannya serta mulai aktif dalam melakukan berbagai aktifitas seperti berlari, memanjat, berguling, melompat, dan berbagai hal lainnya. Karena anak yang berusia tiga tahun, bisa dibilang sangat aktif, maka sebagai orang tua kita tentunya berkewajiban untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Salah satu sumber nutrisi penting bagi anak yang berusia tiga tahun adalah berasal dari makanan. Makanan merupakan sumber nutrisi utama dalam tumbuh kembang anak, karena didalam makanan terdapat berbagai zat gizi penting seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan sebagainya. Tetapi, berbagai jenis makanan yang masuk kedalam tubuh si kecil harus diatur supaya tidak berlebihan serta tidak kekurangan. Jika terjadi kelebihan gizi tau nutrisi, maka anak anda bisa berisiko mengalami obesitas. Tetapi, jika anak anda kurang mendapatkan asupan gizi, maka anak and aberisiko mengalami mal nutisi. Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan makanan kepada anak anda sesuai dengan porsi yang sudah ditetapkan oleh ahli gizi.

Meskipun anak yang berusia tiga tahun sudah bisa menyantap makanan orang dewasa, tetapi anda tetap harus memperhatikan porsinya supaya tidak berlebihan. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah membuat jadwal makan utama si kecil. Anda bisa membagi waktu makan si kecil menjadi 3 waktu yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Dengan membuat jadwal makan, seorang anak akan mulai terbiasa disiplin dalam hal waktu makan dan kebiasaan ini bisa ia bawa hingga dewasa. Kemudian, biasakan memberikan buah – buhan sebagai makanan camilan bagi anak anda. Selain sehat, mengkonsumsi buah – buahan juga tidak membuat anak anda mengalami obesitas meskipun sangat sering dikonsumsi. Usahakan jangan memberikan camilan sebelum anak anda makan. Hal ini justru dapat mebuat anak anda menjadi kenyang sebelum makan.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan kalori anak – anak yang berusia 3 tahun adalah 1125 kkal per hari. Kebutuhan kalori tersebut dapat dicukupi dengan memberikan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi.



Berikut ini merupakan takaran makanan pokok bagi anak yang berusia tiga tahun, yaitu :
  • Nasi putih satu centong atau 100 gram dengan energi sebesar 180 kal dan 38,9 gram karbohidrat.
  • Kentang 100 gram mengandung energi sebesar 60 kal dan 13,5 gram karbohidrat.
  • Roti seberat 100 gram memiliki energi sebanyak 248 kal dan 50 gram karbohidrat.


Selain makanan pokok, anda juga harus memberikan asupan zat gizi lainnya seperti protein hewani dan protein nabati. Untuk memperoleh protein hewani, anda bisa memberikan hidangan yang berupa daging, telur, ikan dan berbagai produk hewani lainnya. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein nabati, anda bisa memberikan tahu, tempe, maupun susu kedelai kepada anak anda. Anda juga harus mencukupi kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan cara memberikan hidangan berupa sayur – sayuran dan buah – buahan supaya anak anda tidak mudah terserang penyakit.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search