Monday, April 13, 2020

Mengenal Beta Karoten Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Beta Karoten Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Memiliki tubuh yang sehat dan kuat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat adalah dengan cara mencukupi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anda seperti vitamin dan mineral. Berbagai zat gizi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh bisa anda dapatkan pada beberapa jenis sayur dan buah, salah satunya adalah zat beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan pigmen berwarna dominan merah hingga jingga yang ditemukan secara alami pada sayuran dan buah – buahan. Beta karoten merupakan zat dasar yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A melalui proses metabolisme tubuh, sehingga dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Bisa dikatakan bahwa beta karoten merupakan bentuk dari vitamin A yang belum aktif. Tetapi, ketika masuk kedalam tubuh, za tersebut diubah menjadi vitamin dan memberikan manfaat bagi beberapa fungsi tubuh, salah satunya adalah untuk kesehatan mata. Zat beta karoten banyak ditemui pada makanan yang berwarna merah, oranye, hingga jingga seperti pada wortel maupun labu. Selain itu, beta karoten juga bisa ditemui pada beberapa jenis buah seperti apel dan kiwi. Karena beta karoten merupakan bentuk pasif dari vitamin A, maka jumlah kebutuhan beta karoten juga sama seperti kebutuhan vitamin A. Jumlah vitamin A yang dibutuhkan oleh setiap orang cenderung berbeda – beda, tergantung pada usia dan jenis kelamin Anda. Asupan vitamin A yang direkomendasikan untuk remaja yang berusia 14 tahun berkisar antara 700 hingga 900 mikrogram per hari.

Jika anda memilih mengkonsumsi beta karoten dalam bentuk suplemen, anda bisa menghitung berapa dosis beta karoten yang harus anda konsumsi berdasarkan petunjuk yang tertera pada kemasan. Pada kondisi normal, anda bisa mengkonsumsi 15 mg beta karoten bersama 500 mg vitamin C, 80 mg zinc oksida, dan 400 unit vitamin E setiap hari. Tetapi, anda tidak oleh berlebihan dalam mengkonsumsi suplemen beta karoten. Hal ini karena suplemen beta karoten juga bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu dapat menyebabkan sendawa, sembelit, diare, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, serta penigkatan kolesterol.

Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, zat beta karoten yang diperoleh baik melalui konsumsi buah dan sayur maupun melalui konsumsi suplemen, tetap memiliki manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaatbeta karoten bagi kesehatan, yaitu :

1. Menjaga kesehatan mata

Karena beta karoten merupakan bentuk pasif dari vitamin A, maka zat ini juga memiliki manfaat yang sama dengan vitamin A, salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A sendiri memiliki tugas penting untuk mengubah cahaya yang ditangkap oleh mata menjadi impuls listrik yang dihantarkan langsung ke otak. Jika tubuh anda mengalami kekurangan vitamin A, maka anda akan mengalami rabun senja sebagai gejala awal. Hal ini karena retina mata yang seharusnya berperan dalam menangkap cahaya yang datang, kekurangan bahan penyusunnya sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

2. Memperkuat sistem imun

Beta karoten yang telah aktif dan berubah menjadi vitamin A diketahui terlibat langsung dalam produksi dan kerja sel darah putih, dan bertugas untuk membantu menyerang patogen atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, supaya sistem imun tubuh anda senantiasa terjaga, maka anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi berbagai jenis makanan maupun suplemen yang mengandung vitamin A.

3. Membantu mengatasi berbagai penyakit berat


Beta karoten juga sering digunakan dalam penanganan berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan hingga berat seperti cystic fibrosis, diare, penyakit liver, penyakit pankreas, gangguan malabsorpsi, berbagai jenis kanker, osteoarthritis, dan berbagai penyakit lainnya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search