Monday, April 13, 2020

Mengenal Kelompok Orang Yang Paling Berisiko Terinfeksi Covid-19

Mengenal Kelompok Orang Yang Paling Berisiko Terinfeksi Covid-19


Covid-19 merupakan virus corona jenis baru. Virus corona yang berasal dari wuhan dan mulai mewabah pada akhir tahun 2019 ini sangat berbeda dengan virus corona yang selama ini dikenal oleh para ilmuwan dan peneliti di indonesia. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan dapat menular dari manusia ke manusia baik melalui bersin, batuk, bahkan dapat menular melalui sentuhan langsung maupun menyentuh barang yang pernah disentuh oleh pasien positif corona. Menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO, virus corona merupakan kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Virus ini umumnya hidup pada hewan kelelawar dan kemudian menginfeksi manusia yang memakan daging kelelawar tersebut.

Pada manusia, virus corona diketahui dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan mulai dari gejala flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS (Middle East Respiratory Sindrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Virus corona terus bermutasi dari masa ke masa dan selalu berkembang menjadi lebih ganas dan berbahaya. Jenis virus corona yang paling baru ditemukan adalah jenis covid-19 yang berasal dari tiongkok. Covid-19 pertama kali mewabah di kota wuhan tiongkok dan kemudian menginfeksi seluruh daratan tiongkok. Virus tersebut kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia dan akhirnya organisasi kesehatan dunia atau WHO telah menetapkan covid-19 sebagai pandemi global.

Setelah covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global, kepanikan massal pun hampir terjadi di semua negara, tidak terkecuali di indonesia. Banyak terjadi panic buying dengan membeli bahan – bahan pokok secara berlebihan serta membeli alat – alat medis secara berlebihan termasuk masker dan hand sanitizer. Hal ini tentunya menyebabkan terjadinya kelangkaan pada masker dan hand sanitizer serta harganya yang kian melambung tinggi. Padahal, produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis maupun orang yang sakit dan berisiko terpapar covid-19. Oleh karena itu, pembelian masker dan hand sanitizer seharusnya menjadi prioritas tenaga medis dan orang yang berisiko tinggi terpapar covid-19.


Berikut ini merupakan kelompok orang yang berisiko tinggi terpapar covid-19, yaitu :

1. Orang yang berusia diatas 70 tahun

Berdasarkan data yang dihimpun dari seluruh kasus corona atau covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, korban jiwa paling banyak berasal dari orang – orang yang berusia diatas 70 tahun. Hal ini karena para lansia atau orang yang berusia diatas 70 tahun sudah mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat rentan mengalami infeksi covid-19 dengan gejala yang cukup fatal. Ketika dilakukan rontgen, paru – paru para pasien covid-19 yang berusia diatas 70 tahun umumnya sudah memutih dan tidak bisa ditolong lagi.

2. Para dokter dan pekerja medis yang menangani pasien covid-19

Tim dokter dan tenaga medis termasuk salah satu kelompok orang yang sangat rentan terpapar covid-19. Hal ini karena para tenaga medis, baik perawat maupun dokter berada pada garda terdepan dan menangani pasien covid-19 secara langsung. Meskipun sudah dilengkapi dengan APD yang cukup memadai, karena covid-19 sangat mudah menular bahkan hanya dengan menyentuh benda yang pernah disentuh oleh pasien covid-19, maka cukup banyak pula tim medis yang terpapar covid-19 bahkan ada beberapa diantaranya yang meninggal dunia.

3. Orang yang memiliki penyakit berat

Apabila anda memiliki penyakit berat seperti TBC, diabetes, HIV/AIDS maupun penyakit yang dapat melemahkan sistem imun lainnya, maka anda juga berisiko tinggi terpapar covid-19. Oleh karena itu, selalu jaga jarak dengan orang sekitar anda karena anda tidak mengetahui dimana dan darimana virus tersebut berasal.


Meskipun tidak termasuk kelompok yang rentan terinfeksi covid-19, anak – anak dan orang dewasa muda diduga menjadi penular utama dari virus ini. Covid-19 seringkali terjadi tanpa gejala ketika menginfeksi anak – anak atau orang sehat, hal ini karena mereka memiliki sistem imun tubuh yang kuat. Tetapi, virus tersebut akan terus bertahan pada orang tersebut dan akhirnya menyebar ke orang lain melalui berbagai cara dan akhirnya menginfeksi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search