Friday, May 8, 2020

Cefalotin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri

Cefalotin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis obat antibiotik. Yaps, obat antibiotik merupakan jenis obatan – obatan yang dibuat khusus untuk mengatasi berbagai infeksi akibat bakteri. Ada banyak sekali obat yang termasuk kedalam golongan antibiotik, salah satunya adalah cefalotin. Cefalotin merupakan salah satu jenis obat antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Obat ini dikenal sebagai antibiotik cephalosporin yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit yang ada didalam tubuh. Obat ini hanya dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri saja, dan tidak akan memberikan pengaruh apapun terhadap penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti demam dan influenza.

Obat – obatan yang termasuk golongan antibiotik merupakan jenis obat yang hanya boleh dikonsumsi jika diperlukan saja. Hal karena jika anda mengonsumsi antibiotik secara berlebihan atau tidak terlalu diperlukan, justru dapat menimbulkan risiko semakin rentannya tubuh anda terhadap penyakit tersebut karena bakteri penyebab penyakit menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Oleh karena itu, obat ini hanya boleh digunakan berdasarkan resep dan anjuran dari dokter. Cefalotin merupakan obat yang diberikan dengan cara menyuntikkannya kedalam tubuh. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan.

Sebelum menggunakan obat ini, harap periksa obat ini secara visual, apakah ada partikel asing maupun perubahan warna yang terjadi pada obat ini. Jika kedua masalah tersebut muncul, maka jangan gunakan obat tersebut. Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat yang ada di dalam tubuh anda berada pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, selalu gunakan obat ini pada interval waktu yang sama. Terus gunakan obat ini sampai masa pengobatan yang diresepkan selesai meskipun sudah tidak mengalami gejala penyakit. Cefalotin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis cefalotin untuk orang dewasa
  • 0,5 – 1 gram setiap 4 – 6 jam dengan lambat tetesan infus selama 3 – 5 menit intermiten secara terus menerus.

Dosis cefalotin untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat cefalotin yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga penggunaannya hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat cefalotin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat cefalotin, yaitu :
  • Reaksi alergi
  • Bengkak
  • Muncul ruam kemerahan dan nyeri di area suntikan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search