Friday, May 8, 2020

Cegah Penularan Covid-19 Dengan Kurangi Menyentuh Wajah

Cegah Penularan Covid-19 Dengan Kurangi Menyentuh Wajah


Penyebaran virus corona atau yang lebih kita kenal dengan sebutan covid-19 memang sudah sangat sulit untuk dikendalikan. Pemerintahpun sudah berusaha secara maksimal mengeluarkan berbagai arahan, himbauan, dan berbagai kebijakan untuk meminimalisir penyebaran covid-19, salah satunya adalah arahan untuk mengurangi menyentuh bagian wajah. Meskipun terdengar perintah yang sepele, tetapi pada kenyataannya kita seringkali secara tidak sadar menyentuh wajah kita, baik disengaja maupun tidak disengaja. Kebiasaan menyentuh wajah ini sering kita lakukan terutama ketika akan menyeka keringat, menggaruk bagian wajah yang gatal, dan sebagainya. Padahal, pada bagian wajah ada rongga hidung yang harus dijaga karena sangat rentan dimasuki virus corona.
                       
Virus corona atau covid-19 dapat menempel dibenda mati selama beberapa jam sebelum akhirnya masuk kedalam tubuh manusia. Virus ini dapat menempel di telapak tangan, menempel di wajah, kemudian masuk kedalam saluran pernapasan melalui hidung, dan akhirnya menginfeksi orang tersebut. Sebenarnya, tidak ada salahnya dengan menyentuh wajah, selama tangan anda bersih dari virus dan anda tidak pernah lupa untuk selalu menggunakan disinfektan. Tetapi, karena virus tidak terlihat dan anda juga pasti adakalanya lupa untuk menggunakan disinfektan, maka alangkah baiknya jika anda mulai mengurangi kebiasaan untuk menyentuh wajah.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bis aanda lakukan untuk membantu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, yaitu :

1. Buat tangan tetap sibuk

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah adalah dengan membuatnya tetap sibuk. Jadi, anda bisa melawan keinginan untuk memegang wajah dengan bantuan stress ball supaya tangan anda tidak memiliki kesempatan untuk menyentuh bagian wajah. Stress ball sendiri merupakan mainan lentur kecil dengan bentuk beragam tetapi kebanyakan memiliki bentuk seperti bola yang bisa dipencet dan ditekan. Hal terpenting adalah buatlah tangan anda menjadi sibuk hingga tidak ada waktu untuk menyentuh wajah.

2. Minta tolong kepada teman

Kebiasaan menyentuh wajah juga bisa anda kurangin dengan cara meminta bantuan kepada teman anda. Jadi, anda bisa meminta teman anda untuk mengingatkan anda ketika anda akan menyentuh wajah. Cara ini dinilai cukup efektif untuk mencegah anda menyentuh wajah. Tetapi, cara ini juga tidak bisa berhasil jika tidak ada teman yang bersedia membantu anda.

3. Memperhatikan pemicu kebiasaan


Sebenarnya, hal yang memicu anda untuk menyentuh wajah anda adlah karena faktor kebiasaan. Oleh karena itu, dengan memperhatikan faktor pemicu yang membuat anda menyentuh wajah juga perlu diperhatikan. Misalkan, anda sering menyentuh wajah anda ketika berkeringat, maka usahakan anda jangan banyak melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan keringat.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search