Friday, May 8, 2020

Ketahui Pengertian Resistensi Antibiotik Beserta Cara Mencegahnya

Ketahui Pengertian Resistensi Antibiotik Beserta Cara Mencegahnya


Antibiotik merupakan jenis obat yang dibuat khusus untuk menekan atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang ada didalam tubuh. Obat antibiotik juga dikenal sebagai peluru ajaib karena dapat langsung membunuh penyebab penyakitnya tanpa merusak jaringan tubuh disekitarnya. Obat antibiotik pertama kali digunakan pada awal abad ke-19 menggantikan peran racun untuk mengobati penyakit infeksi. Penggunaan antibiotik dinilai cukup efektif dan efisien dengan efek samping yang minimal. Tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, muncul masalah baru yang berkaitan dengan penggunaan antibiotik, yaitu munculnya resistensi antibiotik. Lalu, apa yang dimaksud dengan resistensi antibiotik ?

Resistensi antibiotik merupakan suatu kondisi ketika obat antibiotik tidak berfungsi pada tubuh. Dilansir dari centers for disease control and prevention, infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik bisa dibilang sulit atau bahkan mustahil untuk disembuhkan. Orang yang mengalami resistensi antibiotik seringkali membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dirawat di rumah sakit, melakukan kunjungan dokter yang berkelanjutan, dan menjalani pengobatan alternatif dengan biaya yang cukup tinggi. Resistensi antibiotik bukan berarti tubuh anda kebal terhadap antibiotik, melainkan jenis bakteri yang menginfeksi tubuh anda menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik yang dirancang untuk membunuh mereka.

Kondisi resistensi antibiotik merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa, sehingga anda harus mencari cara untuk mencegahnya terjadi.


Berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya resistensi antibiotik yang perlu anda ketahui dan harus anda hindari, yaitu :

1. Pemberian antibiotik secara berlebihan

Faktor pertama yang bisa membuat bakteri menjadi kebal atau resisten terhadap antibiotik adalah pemberian obat antibiotik secara berlebihan. Sangat penting untuk and aketahui bahwa obat antibiotik hanya boleh digunakan ketika benar – benar dibutuhkan saja. Sebab, jika tidak digunakan secara tepat, maka obat tersebut justru dapat membuat bakteri penyebab infeksi menjadi resisten atau kebal terhadap obat, sehingga penyakit menjadi sulit untuk diobati dan disembuhkan. Jadi, jika semakin sering anda menggunakan antibiotik, bukan kesembuhan yang anda dapatkan. Justru penyakit anda akan semakin kebal terhadap obat tersebut. Oleh karena itu, gunakanlah obat antibiotik hanya jika benar – benar dibutuhkan saja dan harus berdasarkan resep dari dokter.

2. Kurang menjaga kebersihan


Menjaga kebersihan merupakan hal terpenting untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk dalam upaya mencegah berkembangnya bakteri yang memiliki sifat resisten. Sayangnya, kebanyakan orang masih menyepelekan hal ini dan tidak terlalu memperhatikan kebersihan dirinya dan lingkungan disekitarnya. Padahal, upaya menjaga kebersihan bisa dimulai dari hal kecil seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun, rutin membersihkan lantai rumah, dan sebagainya.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search