Friday, May 8, 2020

Chlorpromazine : Obat Untuk Mengatasi Kondisi Mental Tertentu

Chlorpromazine : Obat Untuk Mengatasi Kondisi Mental Tertentu


Memiliki tubuh serta mental yang sehat dan kuat tentunya dambaan bagi setiap orang. Tetapi, tentunya tidak semua orang memiliki kesehatan yang sempurna, baik sehat secara fisik maupun sehat secara mental. Kesehatan mental sendiri merupakan suatu kondisi ketika batin atau psikologis seseorang berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan orang tersebut untuk menikmati kehidupan sehari – hari dan menghargai orang lain di sekitarnya. Seseorang yang memiliki mental sehat, dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada suatu perilaku buruk seperti mengganggu orang lain hingga bunuh diri.

Oleh karena itu, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental harus segera mendapatkan penanganan yang tepat, supaya gangguan mentalnya tidak berkembang semakin parah. Penanganan tersebut bisa anda peroleh dengan cara pergi ke psikolog ataupun ke psikiater, maupun dengan cara mengkonsumsi obat – obatan yang memang dibuat khusus untuk mengobati gangguan kesehatan mental. Salah satu obat yang bisa anda gunakan untuk mengobati gangguan kesehatan mental adalah chlorpromazine. Chlorpromazine merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati masalah mental tertentu seperti skizofrenia, gangguan psikotik, gangguan bipolar, dan masalah perilaku pada anak – anak. Obat ini bisa membantu anda untuk dapat berfikir jernih, tidak gugup, dan dapat beraktivitas normal dalam kehidupan sehari – hari.

Chlorpromazine termasuk kedalam kelas obat psikiatri yang dimaksud antipsikotik fenotiazin. Obat ini bekerja dengan cara membantu mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu yang ada didalam otak. Chlorpromazine juga dapat digunakan untuk mengontrol beberapa gejala lain seperti mual, muntah, cegukan berkepanjangan, meredakan kegelisahan, kecemasan sebelum operasi, dan mengatasi gejala tetanus. Chlorpromazine merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Chlorpromazine juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis chlorpromazine untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk psikosis : 10 – 25 mg secara oral sebanyak 3 kali sehari.
  • Dosis dewasa untuk gangguan bipolar : 10 mg secara oral sebanyak 3 – 4 kali sehari.
  • Dosis dewasa untuk mual dan muntah : 10  - 25 mg setiap 4 – 6 jam sesuai kebutuhan.
  • Dosis dewasa untuk bius ringan : 25 – 50 mg, 2 – 3 jam sebelum operasi.
  • Dosis dewasa untuk cegukan : 25 – 50 mg, diberikan sebanyak 3 – 4 kali sehari.


Dosis chlorpromazine untuk anak – anak
  • Dosis anak untuk skizofrenia : 0,5 mg/kg/dosis setiap 4 – 6 jam.
  • Dosis anak untuk mual dan muntah : 0,5 – 1 mg/kg/dosis setiap 6 – 8 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat chlorpromazine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat chlorpromazine, yaitu :
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Gangguan kecemasan
  • Masalah tidur
  • Sembelit



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search