Friday, May 8, 2020

Tips Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

Tips Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19


Bulan suci ramadhan sudah di depan mata. Pada bulan ramadhan, semua umat islam didunia melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa sendiri merupakan kegiatan menahan haus, lapar, serta menahan berbagai nafsu serta fikiran negatif yang ada didalam tubuh. Dalam keadaan normal, ketika menjalankan ibadah puasa seseorang bisa merasakan lemas, pusing, dan lemah. Apalagi ketika masa - masa pandemi covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia saat ini. Bulan ramadhan kali ini benar - benar menjadi ujian bagi seluruh umat muslim di dunia. Berdasarkan data terbaru yang dipublikasikan oleh WHO, sebanyak 2.510.177 orang telah dikonfirmasi positif covid-19 diseluruh dunia dengan angka kematian mencapai 172.241 orang. Di indonesia sendiri, berdasarkan data terbaru dari gugus tugas covid-19 kemenkes RI, sebanyak 7.775 orang dinyatakan possitif mengidap corona, 960 orang berhasil sembuh, dan 647 orang lainnya meninggal dunia.

Virus corona atau covid-19 merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan seseorang dan dapat membuat seseorang meninggal karena gagal napas. Sehingga, untuk mencegah tertular virus ini, anda harus benar - benar menjaga jarak dari orang yang dicurigai mengidap covid-19. Selain itu, virus ini juga bisa menyebar melalui benda - benda yang disentuh oleh penderita, sehingga anda juga harus selalu mencuci tangan anda setiap habis menyentuh sesuatu. Virus corona atau covid-19 juga lebih sering menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah sehingga anda harus memperkuat sistem kekebalan tubuh anda dengan rajin berolahraga dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, saat bulan ramadhan, umat muslim diminta untuk menahan haus dan lapar mula dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sehingga, asupan nutrisi pada waktu tersebut ototmatis terhenti dan tubuh dapat mengalami pelemahan sistem imun. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut ?

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya tetap aman saat puasa ditengah pandemi covid-19, yaitu :

1. Memenuhi kebutuhan gizi dan hidrasi saat sahur dan berbuka

Selama bulan ramadhan, anda harus memiliki kekebalan tubuh yang ekstra. Selain bertujuan supaya dapat kuat berpuasa seharian, meningkatkan kekebalan tubuh juga dlakukan supaya tidak mudah tertular virus corona. Oleh karena itu, ketika makan sahur, anda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengkonsumsi cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda selama menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut juga berlaku saat buka puasa.

2. Tetap menjalankan aktivitas fisik

Bulan ramadhan bukanlah halangan menjalankan aktivitas fisik, tetapi aturan PSBB lah yang akhirnya membatasi aktifitas fisik yang dapat anda lakukan. Karena tidak diperbolehkan keluar rumah kecuali hal yang urgent, maka anda bisa melakukan olahraga fisik ringan dirumah seperti senam lantai, push up, dan sebagainya. Kegiatan fisik ini paling baik dilakukan menjelang waktu berbuka puasa karena ketika energi anda telah habis, maka anda bisa langsung makan untuk mengisi energi kembali.

3. Menghindari penggunaan rokok dan tembakau


Penggunaan rokok memang tidak dsarankan dalam kondisi apapun. Hal ini karena penggunaan rokok hanya akan menimbulkan dampak negatif saja dan tidak ada dampak positifnya. Selain itu, penggunaan rokok juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda menjadi lebih mudah tertular virus corona. 




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search