Friday, May 8, 2020

Dampak Narkoba bagi Pemakai dan Lingkungan

Dampak Narkoba bagi Pemakai dan Lingkungan



Pada zaman sekarang ini semakin banyak yang menyalahgunakan narkoba. Tidak lagi memandang usia, golongan, dan kelompok. Bahkan, usia remaja pun sudah ada yang melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba ini. Mereka tidak tahu dampak apa yang akan terjadi di masa mendatang. Usia remaja masih labil dan mereka hanya ikut-ikutan trend yang menurutnya keren pada masa sekarang ini.
Untuk penyalahgunaan narkoba ini sangat dibutuhkan peran dari semua kalangan, terutama pihak keluarga. Karena dampaknya bukan hanya berbahaya pada si pengguna, tetapi juga pada lingkungan sekitar.
Berdasarkan hasil penelitian dan survey dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Universitas Indonesia (UI), pada tahun 2014 ada sekitar 12.044 yang meninggal karena dampak dari penyalahgunaan narkoba ini, per tahun. Jadi, ada sekitar 33 orang yang meninggal secara sia-sia setiap harinya. Ini membuktikan kalau narkoba memang sangat berbahaya bagi penggunya. Lalu, bukan hanya pada si pemakai, tetapi lingkungan sekitarnya pun terkena pengaruhnya.


Apa saja dampak negative bagi si pemakai itu sendiri?
1)      Bisa menyebabkan kerusakan pada sistim syaraf
2)      Penuaan pada usia dini
3)      Bisa terjadi gangguan pada pernapasan
4)      Pengangguran
5)      Kemiskinan
6)      Depresi


Kemudian, dampak bagi lingkungan adalah sebagai berikut:
1)    Bisa meningkatkan kejahatan
2)    Adanya peningkatan kemiskinan
3)      Penegakan hukum dan pengobatan makin meningkat
4)     Lingkungan menjadi rusak


     Bagi lingkungan masyarakat antara lain:
1)    Bisa tercipta pasar gelap, karena adanya hubungan antara pemasok dan pengedar. Sehingga perdagangan gelap ini akan sulit diputus mata rantainya.
2)     Kesinambungan pembangunan terancam, sebab masyarakat yang rawan narkoba daya tahan tubuhnya rendah.
3)     Mengalami kerugian, baik itu negara ataupun kota. Mengapa demikian? Sebab masyarakatnya tidak lagi produktif.

Melihat ada banyak sekali pengaruh ataupun dampak narkoba yang disalah gunakan, oleh karena itu perlu sekali diadakan penyuluhan tentang bahaya dari narkoba. Baik itu pelajar atau umum. Semua itu dilakukan agar para remaja dan masyarakat awam paham dan mengerti jika narkoba itu berbahaya, apabila dikonsumsi secara berlebihan.
Para remaja atau anak usia sekolah perlu diberi pembekalan tentang narkoba. Supaya mereka tidak melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba. Tak perlu mengikuti trend jika merugikan diri sendiri.
Narkoba yang disalah gunakan juga memiliki dampak bagi lingkungan sekolah, selain pengaruh negative bagi lingkungan masyarakat. Sebab, dewasa ini bukan hanya usia dewasa yang menyalahgunakan narkoba. Lebih banyak anak usia sekolah, terutama anak broken home. Mereka yang kurang kasih sayang orang tua melampiaskan kekesalan atau sekadar melupakan kesedihan dengan mengonsumsi narkoba. Awalnya hanya coba-coba, lama-lama ketagihan.


Apa saja dampak bagi lingkungan sekolah? 
a)      Membuat nama sekolah menjadi jelek di mata masyarakat umum
b)      Merusak masa depan generasi muda
c)      Meningkatnya kerusakan barang-barang di sekolah
d)     Merusak kedisplinan





Penyalahgunaan narkoba memang sangat sulit dimusnahkan. Hanya perlu dicegah agar tidak semakin meraja lela. Terutama di lingkungan sekolah. Apalagi dampaknya sangat berbahaya bagi para remaja dan anak usia sekolah. Sangat miris dan memprihatinkan jika generasi muda terkena kecanduan narkoba. Bisa merusak masa depannya yang cerah, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sayang sekali apabila kaum remaja meninggal sia-sia karena obat terlarang ini.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search