Friday, May 8, 2020

Jenis-jenis Narkoba

Jenis-jenis Narkoba




Apa, sih, narkoba itu? Narkoba sebenarnya adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Sedangkan menurut pakar kesehatan, narkoba adalah senyawa-senyawa yang digunakan untuk membius pasien. Biasanya digunakan ketika akan melakukan operasi pada jenis penyakit tertentu. Jadi, sebetulnya narkoba itu bukanlah obat berbahaya, asal digunakan sesuai ukuran, tetapi sesuatu yang sangat diperlukan dalam dunia kesehatan. Namun, sayangnya banyak orang yang menyalahgunakan narkoba tersebut.
Karena banyaknya kalangan yang menggunakan narkoba sebagai sesuatu hal yang tidak baik, maka banyak yang mengartikan narkoba ini obat terlarang. Padahal sebenarnya bukan. Kasihan sekali narkoba, menjadi tersisih dan sesuatu yang dianggap berbahaya karena ulah segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.
Itulah kenapa perlu tahu jenis-jenis narkoba, sehingga bisa tahu dampak dan efeknya. Narkotika atau narkoba adalah jenis zat sintetis maupun semisintesis yang dihasilkan tanaman atau lainnya yang memiliki dampak menyebabkan kehilangan kesadaran. Sampai akhirnya, menjadikan seseorang itu kecanduan. Itulah banyak kalangan yang menyalahgunakan narkoba tersebut, sebagai obat penghilang stress dan bersenang-senang untuk melupakan sejenak masalah yang menimpa. Mereka tak pernah berpikir dampak negative-nya.

Ada banyak sekali jenis dan macam narkoba itu. Apa saja itu? 

1.      Jenis yang pertama yaitu narkoba ganja.
Di daerah lain jenis ini banyak yang menyebutnya kanabis, cimeng atau mariyuna. Narkotika ini berasal tumbuhan cannabis sativa. Jika mengonsumsi secara berlebihan bisa merusak fungsi otak, jantung, mental, serta memberikan euforia yang berlebihan. Meskipun pada dasarnya tumbuhan ini mempunyai manfaat bagi manusia. Yaitu bisa menghasilkan minyak di bagian bijinya.

2.      Yang kedua yaitu jenis heroin.
Jenis narkotika ini sering disebut putaw, bedak, ataupun etep. Jenis ini merupakan olahan dari morfin. Bentuknya pil dan bubuk sehingga bisa langsung diisap atau disuntikkan ke pembuluh darah. Heroin ini juga bisa menyebabkan gangguan otak permanen dan perubahan fisik juga psikis.

3.      Selanjutnya narkoba morfin.
Kenapa disebut morfin? Sebab berasal dari kata morpheous yang artinya berasal dari getah opium yang dicampur dan diolah dengan zat kimia tertentu. Jenis ini jika digunakan tidak sesuai fungsinya atau secara berlebihan, maka bisa menyebabkan impotensi, gelisah berlebihan,  serta berpengaruh pada mental.

4.      Jenis kokain.
Kokain ini nama lainnya adalah coke, koka, charlie, srepet, happy dust, dan snow. Jenis ini berasal dari tumbuhan erythroxylon coca yang tumbuh di Amerika Selatan. Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan emfisema, paranoid, rabun. Cara menggunakannya dengan dibakar bersama tembakau atau dihirup, baik langsung ataupun menggunakan alat.

5.      Jenis kodein.
Jenis ini berasal dari unsur senyawa kimia methylmorphine yang diolah melalui metilasi. Jenis ini sangat berguna bagi kalangan dokter. Yaitu untuk mengobati penyakit yang ringan. Bentuknya padat seperti pil da nada juga yang cair. Cara pemakaiannya diisap.

6.      Narkoba tembakau gorilla.
Mengapa dinamakan tembakau gorilla? Sebab, narkoba jenis ini bisa membuat pemakai tidak sadarkan diri. Narkoba jenis ini berasal dari tembakau dan ditambah dengan ganja tiruan.

7.      Narkoba sabu-sabu.

Sabu-sabu ini berwarna putih dan berbentuk serbuk, bubuk, kristal, tidak berbau, da nada yang cair. Jenis sabu-sabu ini sebetulnya sangat bermanfaat bagi pakar kesehatan. Yaitu bisa mengobati penyakit tingkat tinggi, seperti gangguan hiperaktif dan narkolepsi. Namun, jika disalahgunakan atau mengonsumsi secara berlebihan, maka sangat berbahaya bagi manusia. 


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search