Friday, May 8, 2020

Ketahui Cara Mencegah Sakit Maag Saat Puasa

Ketahui Cara Mencegah Sakit Maag Saat Puasa


Sakit maag merupakan suatu kondisi ketika lambung mengalami peradangan dan menimbulkan berbagai gejala seperti sakit perut atau perih, perut kembung, mual dan ingin muntah, rasa panas di dada dan ulu hati, rasa asam di tenggorokan dan mulut, hingga sendawa berlebihan. Gejala dari penyakit maag sering kambuh ketika seseorang yang memiliki sakit maag mengalami telat makan, sehingga menimbulkan berbagai gejala dari penyakit maag tersebut. Lalu, bagaimana dengan seseorang yang  memiliki penyakit maag dan juga sedang menjalankan ibadah puasa ? Ketika menjalani ibadah puasa, seseorang harus menahan rasa lapar dan hausnya selama belasan jam. Hal ini tentunya membuat lambung menjadi kososng dan sangat berpotensi menimbulkan sakit maag bagi mereka yang memilikinya.

Kemudian, bagaimana cara mencegah sakit maag saat berpuasa ? 


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya sakit maag saat berpuasa, yaitu sebagai berikut :

1. Usahakan selalu makan sahur

Makan sahur merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh orang yang memiliki sakit maag. Hal ini karena jika tidak makan sahur, maka orang tersebut harus menahan lapar dan haus selama 13 jm lebih sehingga sangat berpotensi untuk menimbulkan sakit maag. Pada saat sahur, usahakan jangan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan risiko sakit maag seperti makanan yang asam dan pedas.

2. Buka puasa tepat waktu

Terkadang, berbagai kesibukan dapat membuat kita menunda waktu untuk berbuka puasa. Padahal, hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan terutama bagi para pengidap sakit maag. Kebiasaan menunda waktu berbuka puasa dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit maag. Oleh karena itu, janganlah menunda – nunda waktu untuk buka puasa. Selain itu, ketika berbuka puasa aanda dianjurkan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein.

3. Konsumsi makanan yang kaya akan serat

Makanan yang mengandung serat, dipercaya dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kandungan serat ini bisa anda peroleh dari buah – buahan, sayur – sayuran, kacang – kacangan, dan berbagai jenis makanan lainnya. Makakanan yang kaya akan sehat diketahui juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat diserap oleh tubuh. Jadi, anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat saat sahur dan berbuka puasa.

4. Hindari makanan pemicu sakit maag


Saat sahur dan berbuka, anda harus menghindari makanan yang dapat memicu sakit maag. Para dokter dari university of maryland medical center merekomendasikan untuk menghindari makanan olahan yang mengandung gula.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search