Friday, May 8, 2020

Mengenal Scallop Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Scallop Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan


Bagi para pecinta seafood, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan scallop. Scallop atau kerang kampak merupakan kerang yang memiliki daging berwarna putih bersih dan bertekstur halus. Kerang jenis ini merupakan salah satu sumber protein yang tidak boleh anda lewatkan. Dalam 85 gram porsi scallop diketahui mengandung 17 gram protein dan 90 kalori. Selain protein dan kalori, kerang ini juga memiliki kandungan berbagai zat gizi lain, seperti karbohidrat, lemak, omega 3, selenium, dan fosfor. Tidak hanya itu, kerang scallop juga diperkaya dengan berbagai jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, zat besi, tembaga, seng, magnesium, kalsium dan kalium yang dapat membantu anda dalam mencukupi kebutuhan gizi harian anda.

Kerang scallop memang agak sulit anda temukan di pedagang kaki lima, karena kerang ini memiliki harga yang cukup mahal. Tetapi, anda bisa membeli kerang ini di restauran seafood ataupun di supermarket. Scallop merupakan makanan yang tinggi akan kandungan proteinnya, tetapi rendah kalori dan lemak. Hal ini membuat kerang scallo cocok dijadikan menu makanan oleh orang – orang yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kandungan magnesium dan kalsium yang ada pada scallop diketahui juga dapat menjaga kesehatan jantung anda. Jadi, anda sangat diperbolehkan untuk memasukkan scallop kedalam menu harian anda.

Untuk membeli kerang scallop, anda bisa membelinya di supermarket, baik dalam bentuk kerang segar atau kerang basah dengan cangkang, maupun dalam bentuk kerang kupas yang sudah dikemas dalam kemasan plastik kedap udara. Kerang segar umumnya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kerang kupas. Jadi, jika anda ingin mengolah scallop dalam hari yang sama, maka usahakan untuk membeli kerang segar saja. Pastikan juga jika scallop yang anda beli dalam keadaan bersih. Carilah daging yang berwarna putih mutiara diseluruh bagian sisinya dengan tekstur yang lembab dan agak keras. Daging scallop segar yang baik seharusnya tidak benar – benar kering ataupun terlalu basah hingga meneteskan air. Hindari memberi scallop yang telah dalam kondisi rusak, tidak segar, serta mengeluarkan bau yang tidak sedap.


Kemudian, jika anda membeli kerang scallop dalam kemasan, pastikan anda menyimpannya dalam freezer sampai anda mengolahnya. Ketika kerang tersebut akan diolah, pindahkan dahulu kerang scallop dari frezeer ke rak kulkas pada malam hari sebelumnya. Jangan langsung mencairkan kerang beku dalam suhu ruangan. Karena hal ini dapat menyebabkan berkurangnya mutu dan kualitas dari kerang tersebut. Dalam keadaan darurat, anda bisa mencairkan kerang beku dengan cara menyegelnya dalam kantong plastik bersegel dan siram dengan air dingin diatasnya hingga kerang tersebut mencair dan siap untuk diolah menjadi berbagai jenis hidangan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search