Friday, May 8, 2020

Pimecrolimus : Obat Untuk Mengobati Eksim Dan Dermatitis Atopik

Pimecrolimus : Obat Untuk Mengobati Eksim Dan Dermatitis Atopik


Eksim merupakan penyakit kulit kronis yang membuat kulit menjadi meradang dan berwarna merah, bengkak, terasa gatal, serta kering dan pecah – pecah. Penyakit ini juga sering disebut sebagai dermatitis atopik. Penyakit Eksim dapat membuat kulit merasakan gatal – gatal yang sangat parah sehingga mengganggu tidur dan aktivitas sehari – hari. Penyakit ini umum terjadi pada orang – orang yang memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit eksim. Penyakit ini juga tidak bisa disembuhkan, tetapi dengan perawatan yang tepat bisa meringankan gejala penyakit eksim. Untuk meringankan gejala penyakit eksim, anda bisa menggunakan obat pimecrolimus.

Pimecrolimus merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kulit seperti penyakit eksim atau dermatitis atopik. Obat ini biasanya digunakan ketika obat – obatan topikal steroid lainnya tidak dapat mengatasi penyakit eksim yang di derita. Eksim merupakan kondisi alergi yang menyebabkan kemerahan, iritasi, dan gatal pada kulit. Obat ini bekerja dengan cara mengubah sistem perlindungan imun kulit, sehingga dapat mengurangi reaksi alergi yang dapat menyebabkan eksim. Pimecrolimus termasuk kedalam kelas obat topical calcineurin inhibitors (TCIs). Obat ini tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki kelainan langka sindrom netherton. Selain itu, obat ini juga tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pasien yang menjalani tranplantasi organ.

Pimecrolimus merupakan obat yang digunakan dengan cara dioleskan ke area kulit yang bermasalah. Obat ini harus digunakan berdasarkan petunjuk dan arahan yang diberikan oleh dokter anda. Untuk menggunakan obat ini, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah cucilah tangan anda dengan air dan sabun sebelum menggunakan obat. Oleskan secara perlahan – lahan ke area yang bermasalah sebanyak dua kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter. Gosok obat secara perlahan dan menyeluruh. Pimecrolimus merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis pimecrolimus untuk orang dewasa
  • Oleskan sedikit pada area yang mengalami masalah sebanyak 2 kali sehari dan gosoklah dengan lembut dan menyeluruh.

Dosis pimecrolimus untuk anak – anak
  • Aplikasikan secara tipis pada area yang mengalami masalah sebanyak dua kali sehari dan gosok secara perlahan dan menyeluruh.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat pimecrolimus juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat pimecrolimus, yaitu :
  • Rasa terbakar ringan atau rasa hangat pada kulit yang diobati
  • Membengkaknya folikel bulu
  • Sakit kepala
  • Sakit pada perut
  • Sakit pada otot




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search