Friday, May 8, 2020

Efedrin : Obat Untuk Meningkatkan Tekanan Darah Dan Melebarkan Saluran Pernapasan

Efedrin : Obat Untuk Meningkatkan Tekanan Darah Dan Melebarkan Saluran Pernapasan


Asma merupakan suatu penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi didalam saluran pernapasan. Kondisi peradangan tersebut kemudian membuat saluran pernapasan menjadi bengkak dan sangat sensitif. Hal ini membuat udara yang masuk kedalam paru – paru menjadi terbatas. Peradangan ini juga membuat sel yang ada di dalam saluran pernapasan memproduksi lebih banyak lendir daripada biasanya sehingga dapat menyulitkan anda untuk bernapas lega. Penyakit asma paling sering terjadi pada anak – anak, tetapi penyakit ini juga dapat terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini juga termasuk penyakit tidak menular yang paling umum di dunia dengan tingkat kematian yang tergolong rendah. Tetapi, pada negara berkembang, penyakit asma juga memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi karena tidak tersedianya dana untuk membeli alat pengobatan asma.

Untuk mengatasi penyakit asma, anda bisa menggunakan obat efedrin. Efedrin merupakan obat yang dapat mengobati beberapa penyakit seperti penyakit saluran pernapasan (asma, rhinitis, dan gangguan pernapasan lainnya) dan mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi. Pada kasus penyakit saluran pernapasan, efedrin bertindak sebagai dekongestan, yaitu dapat melebarkan saluran napas yang tersumbat. Sedangkan pada kasus tekanan darah rendah atau hipotensi, efedrin digunakan untuk meningkatkan tekanan darah yang turun ketika pasien diberikan obat bius. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis gejala penyakit lain, seperti narkolepsi, depresi, myasthenia gravis, dan adams stokes syndrome.

Efedrin merupakan obat yang harus digunakan sesuai dengan resep atau anjuran yang diberikan oleh dokter anda. Obat ini dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Tetapi, jika perut anda terasa sakit, sebaiknya anda mengisinya dengan makanan terlebih dahulu. Jangan menggunakan dosis lebih banyak dari yang dianjurkan. Karena, dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Efedrin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis efedrin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk adams stokes syndrome : 25 – 50 mg diminum setiap 3 – 4 jam sekali.
  • Dosis dewasa untuk asma akut : 25 – 50 mg.
  • Dosis dewasa untuk hidung tersumbat : teteskan sebanyak 1 – 2 tetes pada setiap lubang hidung sebanyak 4 kali sehari.
  • Dosis dewasa untuk narkolepsi : 25 – 50 mg.Dosis dewasa untuk hipotensi : 25 – 50 mg.


Dosis efedrin untuk anak – anak
  • Dosis anak untuk asma akut : 12,5 – 25 mg diminum setiap 4 jam sekali.
  • Dosis anak untuk hidung tersumbat : Teteskan 1 – 2 tetes obat pada setiap lubang hidung.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat efedrin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat efedrin, yaitu :
  • Pandangan buram
  • Kepala terasa pusing dan berat
  • Detak jantung tidak menentu
  • Merasa panik
  • Telinga terasa seperti berdengung




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search