Friday, May 8, 2020

Ketahui Cara Mengatasi Tangan Yang Sakit Akibat Terlalu Sering Mengetik

Ketahui Cara Mengatasi Tangan Yang Sakit Akibat Terlalu Sering Mengetik


Mengetik di depan layar laptop atau komputer merupakan kegiatan sehari – hari para pekerja kantoran. Meskipun sedang bekerja dari rumah, mereka tetap mengetik untuk menyelesaikan pekerjaannya. Para pekerja kantoran umumnya dapat mengetik lebih dari lima jam setiap harinya. Sebagian orang mungkin memandang ini adalah pekerjaan ringan karena tidak mengeluarkan tenaga seperti orang yang bekerja di pabrik. Tetapi, pekerjaan mengetik juga ada risikonya yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya adalah tangan yang sering sakit. Bagian tangan yang sering sakit ini biasanya berada pada bagian pergelangan tangan dan jari tangan. Hal ini karena bagian tersebut menjadi tumpuan saat sedang bekerja didepan laptop.

Tangan yang sering sakit akibat terlalu sering mengetik ini umumnya disebabkan karena terjadinya masalah persendian pada area pergelangan tangan. Selain itu, terlalu sering menekan tombol laptop secara berulang juga dapat menimbulkan rasa sakit pada area jari. Nyeri yang terjadi pada pergelangan tangan juga bisa berhubungan dengan jaringan saraf yang saling berhubungan dari ujung jari hingga ke leher. Hal inilah yang membuat jari, pergelangan tangan dan leher sering sakit saat sedang mengetik sehingga anda perlu untuk mencari cara dalam mengatasi kondisi ini.


Selain itu, ada beberapa penyebab lain juga yang dapat menyebabkan rasa sakit pada pergelangan tangan, yaitu :

1. Carpal tunnel syndrome

Kondisi ini merupakan sindrom atau gangguan yang terjadi karena terganggunya saraf tengah akibat tekanan yang terjadi pada pergelangan tangan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan terjadinya kelemahan otot pada bagian pergelangan tangan. Gejala dari carpal tunnel syndrome diantaranya tangan terasa panas, kesemutan di area ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah.

2. Trigger finger

Kondisi ini memiliki beberapa gejala, yaitu timbulnya rasa nyeri pada jari tangan, seperti jari kaku saat ditekuk atau ketika ingin meluruskan jari.

3. Repetitive strain injury

RSI atau repetitive strain injury merupakan kondisi cedera otot atau jaringan saraf tubuh karena melakukan sesuatu secara berulang dalam waktu yang lama.


Untuk mengatasi tangan yang sakit karena terlalu sering mengetik, anda bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut, yaitu :

1. Atur posisi duduk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengatur posisi duduk dan mengatur jarak dengan komputer atau laptop. Aturlah posisi mouse, monitor, dan keyboard sesuai dengan postur tubuh anda. Pastikan anda duduk dengan kondisi tegak dan hindari posisi membungkuk atau terlalu condong ke depan karena bisa membuat tulang punggung dan pergelangan tangan menjadi sakit.

2. Posisikan pergelangan tangan dengan lurus


Cara lain untuk mengatasi rasa sakit akibat terlalu sering mengetik adalah mengatur posisi pergelangan tangan supaya tetap lurus saat mengetik. Pastikan pergelangan tangan dan lengan anda tidak miring ke bawah saat mengetik. Posisi pergelangan tangan dan lengan harus lurus dengan siku.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search