Friday, May 8, 2020

Tips Menjaga Kesehatan Mulut Ketika Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan Mulut Ketika Berpuasa


Saat berpuasa, seringkali kita mengalami beberapa gangguan kesehatan, mulai dari lemas, tidak bertenaga, hingga bau mulut. Bau mulut sendiri sering terjadi pada orang yang sedang menjalani ibadah puasa dan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Tetapi, terkadang bau mulut yang terjadi ketika sedang berpuasa ini sering membuat kita menjadi tidak pede atau minder ketika kita berbicara dengan orang lain. Salah satu penyebab bau mulut saat puasa adalah karena kebanyakan orang enggan untuk melakukan perawatan gigi dan mulut, karena takut membatalkan ibadah puasa yang sedang dijalani. Bahkan, ketika membutuhkan tidakan medis dari dokter gigi, beberapa orang mungkin memilih untuk mengabaikannya atau menunggu hingga malam hari untuk pergi ke dokter.

Hal tersebut tentunya dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera dicari solusinya.


Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama menjalankan ibadah puasa, anda bisa melakukan beberapa tips sebagai berikut :

1. Rutin menggosok gigi sebelum tidur dan setelah sahur

Menggosok gigi sebelum tidur merupakan sebuah keharusan dan harus dilaksanakan setiap ahrinya untuk menjaga gigi dan mulut supaya tetap sehat. Normalnya, menggosok gigi harus dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Tetapi, selama bulan ramadhan, anda perlu memajukan jam untuk menggosok gigi di pagi hari menjadi setelah sahur sebelum adzan subuh. Gosok gigi secara rutin selama bulan ramadhan ini perlu dilakukan karena selama berpuasa, produksi air liur akan berkurang sehingga meningkatkan senyawa yang menyebabkan bau mulut. Jadi, jika anda tidak rutin membersihkan gigi anda, maka sisa makanan akan menempel pada gigi anda dan semakin memperparah kondisi bau mulut yang anda alami.

2. Gunakan obat kumur dan lakukan pembersihan dengan benang gigi

Sebagai perlindungan tambahan dalam emnjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut, anda bisa menggunakan obat kumur dan melakukan flossing atau pembersihan sela – sela gigi menggunakan benang khusus setelah menggosok gigi. Tetapi, anda harus menghindari obat kumur yang mengandung alkohol, karen justru dapat membuat mulut menjadi kering.

3. Meningkatkan asupan cairan dan serat


Memperbanyak asupan cairan saat puasa tidak hanya dapat mencegah terjadinya dehidrasi, tetapi juga dapat mencegah terjadinya bau mulut. Manfaatkan waktu berbuka dan sahur untuk mendapatkan tambahan asupan cairan dan serat dengan cara memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah – buahan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search