Friday, May 8, 2020

Tips Aman Menghangatkan Makanan Untuk Sahur

Tips Aman Menghangatkan Makanan Untuk Sahur


Bulan ramadhan merupakan bulan suci bagi umat islam. Pada bulan ramadhan, umat islam diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan haus dan lapar selama lebih dari 13 jam. Bulan ramadhan umumnya disambut secara antusias oleh masyarakat indonesia dengan cara mengadakan berbagai kegiatan seperti buka puasa bersama, berburu takjil, dan berbagai kegiatan lainnya. Tetapi, bulan ramadhan kali jatuh bertepatan dengan wabah covid-19 yang sedang melanda dunia, sehingga berbagai kegiatan yang mengumpulkan massa ditiadakan dan dilarang oleh pemerintah. Meskipun demikian, kita masih bisa menjalani bulan ramadhan dengan antusias dan khidmat bersama dengan anggota keluarga dirumah. Hal ini tentunya bisa semakin mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Buka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu selama bulan ramadhan. Saat telah memasuki waktu buka puasa, kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang kita inginkan. Sebagian besar orang umumnya akan membeli ataupun memasak berbagai macam makanan untuk berbuka puasa, bahkan hingga berlebihan. Kemudian, makanan yang tersisa tadi biasanya akan dihangatkan untuk disantap waktu sahur. Memang, tidak ada salahnya menghangatkan makanan. Tetapi, tahukah anda, bahwa menghangatkan makanan juga ada aturannya dan tidak boleh sembarangan. Hal ini karena jika anda terlalu sering menghangatkan makanan, bukan zat gizi yang akan anda dapatkan. Anda justru akan mendapatkan zat karsinogen atau racun dari makanan tersebut.

Oleh karena itu, anda tidak boleh sembarangan dalam menghangatkan makanan dan harus tetap memperhatikan keamanan serta kelayakan dari makanan yang anda konsumsi. Ibu rumah tangga biasanya memiliki kebiasaan menghangatkan makanan untuk makan sahur. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya makanan yang masih tersisa bisa digunakan kembali untuk dikonsumsi. Memang, rasa makanan tidak berubah. Tetapi, kandungan zat gizi dari makanan tersebutlah yang dapat berubah. Hal ini dikarenakan semakin sering anda menyimpan makanan di lemari pendingin lalu menghangatkannya kembali, hal tersebut justru dapat memicu adanya racun pada makanan. Proses menghangatkan makanan untuk sahur yang dilakukan berulang kali bisa mengubah zat yang ada didalam makanan menjadi racun yang bersifat karsinogen dan dapat memicu terjadinya kanker. Selain itu, ketika makanan di dinginkan di kulkas, bakteri yang ada di bahan – bahan lain menjadi mudah berpindah ke makanan tersebut dan berkembang biak disana.

Memang, tidak ada salahnya memanaskan makanan. Tetapi, anda hanya boleh memanaskannya satu kali saja. Selain itu, anda juga harus mendiamkan makanan terlebih dahulu selama 2 – 3 jam sebelum dimasukkan kedalam lemari pendingin untuk mencegah bakteri berkembang biak didalam makanan. Cara tepat untuk menyimpan makanan adalah dengan menyimpannya dalam wadah tertutup, kemudian diletakkan kedalam lemari pendingin dengan suhu dibawah 4 derajat celcius. Untuk makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, ikan, atau unggas, anda harus meletakkannya di freezer supaya bakteri tidak bisa berkembang biak didalamnya. Makanan yang disimpan didalam lemari pendingin hanya boleh dikonsumsi paling lama 4 hari sejak dimasukkan kedalam kulkas. Sedangkan makanan yang dibekukan atau disimpan didalam freezer umumnya dapat bertahan selama 3 sampai 5 bulan.


Kemudian, ketika anda akan menggunakan makanan tersebut untuk sahur, anda harus menghangatkannya terlebih dahulu dengan suhu 74 derajat celcius. Anda tidak boleh memanaskannya lebih dari suhu tersebut. Hal karena jika anda memanaskannya lebih dari 74 derajat celcius, maka makanan tersebut akan kehilangan kandungan nutrisinya. Sementara itu, untuk makanan cair atau berkuah, pastikan anda memanaskannya hingga mendidih. Karena memiliki risiko bagi kesehatan, sebaiknya anda harus menghindari memanaskan makanan. Usahakan supaya memasak makanan secara langsung saat sahur dan jangan membeli ataupun memasak makanan secara berlebihan saat buka puasa.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search