Friday, May 8, 2020

Pseudoephedrine : Obat Untuk Meredakan Gejala Sinusitis

Pseudoephedrine : Obat Untuk Meredakan Gejala Sinusitis


Mengalami hidung mampet dan tersumbat memang sangat menjengkelkan. Gejala hidung mampet ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari karena pilek, hingga disebabkan oleh adanya penyumbatan di rongga sinus atau yang kita kenal dengan nama sinusitis. Sinusitis sendiri merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada rongga sinus akibat adanya penyumbatan didalamnya. Gejala sinusitis dapat bervariasi tergantung dari tingkat keparahannya, yaitu mulai dari sinusitis akut hingga sinusitis kronis. Pada sinusitis akut, gejalanya meliputi lendir hidung berwarna hijau atau kuning, wajah terasa nyeri, hidung mampet, batuk, bau mulut, dan sakit gigi. Sedangkan pada sinusitis kronis, gejalanya meliputi Cairan kental berwarna keluar dari hidung atau adanya cairan yang mengalir dibelakang tenggorokan, penyumbatan hidung yang menyebabkan kesulitan bernapas melalui hidung, timbulnya rasa nyeri pada beberapa area wajah, hingga berkurangnya kemampuan indera penciuman.
                     
Untuk mengatasi dan meringankan berbagai gejala yang terjadi akibat penyakit sinusitis, anda bisa menggunakan obat pseudoephedrine. Pseudoephedrine merupakan obat yang digunakan untuk gejala hidung tersumbat dan sinus yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit pernapasan lainnya. Obat ini bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan. Pseudoephedrine merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan dan biasanya dikonsumsi setiap 4 – 6 jam sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter anda. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Pseudoephedrine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis pseudoephedrine untuk orang dewasa

  • Dosis dewasa untuk hidung tersumbat : 30 – 40 mg dikonsumsi setiap 4 hingga 6 jam atau sesuai dengan kebutuhan.

Dosis pseudoephedrine untuk anak – anak

  •  Usia 2 – 5 tahun : 15 mg setiap 6 jam.
  • Usia 6 – 12 tahun : 30 mg setiap 6 jam.
  • Usia diatas 12 tahun : 30 – 60 mg setiap 12 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat pseudoephedrine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat pseudoephedrine, yaitu :
  • Hilang nafsu makan
  • Muncul ruam kemerahan pada kulit disertai rasa panas
  • Merasa semangat atau senang
  • Gangguan tidur
  • Ruam kulit atau gatal




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search