Friday, May 8, 2020

Eprex : Obat Untuk Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Eprex : Obat Untuk Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah


Darah merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Darah berfugnsi untuk mengangkut oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Orang dewasa biasanya memiliki darah sebanyak 4,5 – 5,5 liter didalam tubuhnya. Jika seseorang kehilangan darah lebih dari 1/3 dari total volume darah yang ada didalam tubuhnya, maka orang tersebut bisa mengalami colaps bahkan dapat kehilangan nyawa. Selain itu, darah juga harus selalu dijaga kesehatannya supaya dapat mengangkut oksigen secara optimal ke seluruh tubuh. Sebab, jika darah mengalami gangguan seperti terjadinya pengentalan darah, maka proses pengedaran oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat dan hal ini dapat membuat tubuh mengalami kekurangan oksigen.

Darah manusia tersusun atas sel darah merah, sel darah putih, dan plasma darah. Sel darah merah atau yang juga dikenal dengan nama eritrosit merupakan jenis sel darah yang paling banyak ada didalam tubuh manusia dan berfungsi untuk mengikat oksigen yang diperlukan dalam proses oksidasi jaringan – jaringan tubuh. Sel darah merah atau eritrosit dibuat didalam sebuah organ yang bernama sumsum tulang. Sel darah merah ini memiliki bentuk yang sangat elastis dan dapat menyesuaikan bentuknya ketika melalui kapiler atau pembuluh darah yang kecil. Eritrosit atau sel darah merah bertugas untuk mengikat oksigen dan mengalirkannya keseluruh tubuh. Jika tubuh seseorang mengalami kekurangan sel darah merah, maka orang tersebut akan mengalami beberapa gejala kekurangan darah yang disebut dengan penyakit anemia. Penyakit anemia sendiri ditandai dengan berbagai gejala seperti kulit pucat, lemah, lesu, lunglai, dan sulit konsentrasi.

Kondisi anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari tersumbatnya aliran darah, terjadinya pengentalan darah, hingga minimnya jumlah sel darah merah yang diproduksi oleh sumsum tulang. Jika penyebab anemia adalah karena minimnya produksi sel darah merah dari sumsum tulang, anda bisa mengatasinya menggunakan obat yang bernama eprex. Eprex sendiri merupakan obat yang mengandung erythropoietin atau epoetin alfa yang berfungsi untuk menggantikan atau meningkatkan jumlah protein alami yang ada didalam tubuh serta dapat meningkatkan produksi sel darah merah. 


Eprex sering digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi anemia yang disebabkan oleh berbagai kondisi sebagai berikut :
  • Penggunaan obat – obatan zidovudine.
  • Gagal ginjal kronis.
  • Kehilangan darah pra dan pasca operasi.


Eprex merupakan obat yang digunakan dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh. Sebelum menyuntikkan obat ini, pastikan tidak ada perubahan warna dan tidak ditemukan partikel – partikel kecil didalam cairan obat. Jangan coba – coba untuk mengocok botol suntikkan karena dapat menyebabkan obat menjadi tidak efektif untuk mengatasi kondisi anda. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Eprex juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.

Dosis eprex untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk anemia karena gagal ginjal kronis : 50 – 100 unit/kg berat badan dan disuntikkan sebanyak 3 kali seminggu.
  • Dosis dewasa untuk anemia karena penggunaan obat – obatan HIV : 100 unit/kg berat badan dan disuntikkan sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Dosis eprex untuk anak – anak
  • Dosis anak untuk anemia karena gagal ginjal kronis : 50 unit/kg berat badan disuntikkan sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat eprex juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat eprex, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Sakit tenggorokan
  • Mengantuk




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search