Friday, May 8, 2020

Mengenal Riboflavin Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Riboflavin Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Anda mungkin masih asing dengan nama riboflavin. Tetapi, tahukah anda bahwa riboflavin ternyata termasuk kedalam kategori zat gizi yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Riboflavin atau yang juga dikenal sebagai vitamin B2 merupakan salah satu jenis vitamin yang diperlukan dalam proses pertumbuhan serta berguna untuk menjalankan fungsi sel secara normal. Vitamin ini termasuk kedalam zat gizi yang larut dalam air dan memainkan peranan penting dalam proses metabolisme energi. Riboflavin juga termasuk kedalam salah satu jenis koenzim yang berperan dalam berbagai proses metabolisme energi terutama dalam proses pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula sederhana.

Riboflavin atau vitamin B2 termasuk salah satu dari 8 jenis vitamin B yang kita kenal. Riboflavin bekerja dengan cara merubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang merupakan sumber energi otot tubuh. Karena riboflavin memegang peranan besar dalam proses metabolisme energi, maka defisiensi atau kekurangan vitamin ini akan jelas berdampak pada proses produksi energi tubuh. Gejala umum yang sering timbul ketika seseorang mengalami defisiensi vitamin B2 diantaranya memiliki warna mata yang cenderung merah, sensitivitas terhadap cahaya matahari, terjadi peradangan pada mulut, dan bibir sering mengalami pecah – pecah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk selalu mencukupi kebutuhan riboflavin harian bagi tubuh.

Vitamin B2 atau riboflavin bisa anda temui pada beberapa jenis sumber makanan seperti :
  • Ikan, daging, dan unggas
  • Telur
  • Produk susu
  • Alpukat
  • Kismis
  • Kacang – kacangan
  • Ubi jalar
  • Sayuran hijau


Karena memiliki peranan penting dalam proses metabolisme energi, maka tidak heran jika riboflavin atau vitamin B2 juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan manfaat riboflavin atau vitamin B2 bagi kesehatan, yaitu :

1. Mencegah katarak

Katarak merupakan suatu kondisi kelainan yang terjadi pada organ mata ketika lensa mata menjadi keruh dan mata menjadi tidak bisa melihat dengan jelas. Kelainan ini membuat cahaya tidak bisa menembus lensa mata dan pada akhirnya sangat berpengaruh pada kualitas penglihatan. Kondisi ini umumnya sering terjadi pada orang yang berusia lanjut. Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena penyakit katarak bisa dicegah sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin B2 baik yang terkandung didalam makanan maupun yang sudah dalam bentuk suplemen. Menurut para peneliti dari university of michigan, vitamin B2 diperlukan untuk melindungi glutathione yang merupakan golongan antioksidan yang cukup penting di organ mata. Sehingga, dengan mengkonsumsi riboflavin, maka anda juga bisa menurunkan risiko terserang katarak di kemudian hari.

2. Menjaga kesehatan kandungan

Selain dapat berguna untuk mencegah katarak, vitamin B2 diketahui memiliki manfaat lainnya, yaitu dapat membantu dalam menjaga kesehatan kandungan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh university women’s hospital, jerman. Para peneliti menemukan fakta bahwa ibu hamil yang mengalami kekurangan asupan riboflavin diketahui berisiko mengalami preeklampsia. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi vitamin B2, maka kesehatan kandungan anda pun dapat terjaga dengan baik.

3. Mengobati dan mencegah migrain


Penelitian yang dilakukan oleh humboldt university of berlin menemukan fakta bahwa vitamin B2 atau riboflavin diketahui dapat mengurangi gejala dan tingkat keparahan pada penderita migrain. Beberapa bukti lain juga menunjukkan bahwa selain dapat mengurangi rasa sakit akibat migrain, riboflavin juga dapat mengurangi durasi migrain.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search