Friday, May 8, 2020

Ketahui Manfaat Daun Peterseli Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Peterseli Bagi Kesehatan


Anda mungkin sudah mengenal dengan jenis sayuran yang satu ini. Daun peterseli atau yang juga sering disebut dengan parsley merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam masakan terutama pada hidangan mediterania. Daun peterseli sering digunakan sebagai garnish ataupun dicampurkan kedalam masakan untuk memperkuat cita rasa pada masakan tersebut. Sekilas, daun peterseli mirip dengan daun seledri, tetapi ternyata keduanya memiliki perbedaan. Meskipun sama – sama berwarna hijau, daun peterseli memiliki bentuk daun yang lebih kecil dibandingkan dengan daun seledri. Selain itu, daun peterseli juga memiliki cabang yang banyak dan bonggol yang lebih besar.

Selain dapat meningkatkan cita rasa masakan, daun peterseli ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman healthline, 8 gram daun peterseli diketahui dapat memenuhi sekitar 12% kebutuhan vitamin A, 16% kebutuhan vitamin C dan 154% kebutuhan vitamin K harian anda. Daun peterseli juga merupakan sumber magnesium, kalium, kalsium, dan zat besi yang tentunya memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena banyaknya zat gizi yang terkandung didalam daun peterseli, maka jangan heran jika sayuran yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat daun peterseli bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Menjaga kesehatan tulang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun peterseli memiliki kandungan vitamin K sebanyak 154% dari kebutuhan vitamin K harian. Itu artinya, kandungan vitamin K yang ada pada daun peterseli sangat berlimpah dan tidak kalah dengan kandungan vitamin K yang ada pada susu dan ikan. Kandungan vitamin K yang tinggi dalam daun peterseli berguna untuk membantu pembentukan tulang dengan mendukung sel pembangun yang disebut osteoblas. Selain itu, dengan mencukupi kebutuhan vitamin K harian, anda juga turut mencegah diri anda dari penyakit osteoporosis di kemudian hari.

2. Memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi

Antioksidan merupakan sebuah senyawa atau zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain vitamin C, daun peterseli juga memiliki kandungan antioksidan lainnya seperti flavonoid dan karotenoid. Kandungan vitamin C yang ada pada daun peterseli diketahui dapat membantu melindungi sel – sel tubuh agar tidak mengalami kerusakan. Selain itu, kandungan karetonoid yang ada pada daun peterseli juga dapat mengurangi risiko terjadinya jenis kanker tertentu, salah satunya adalah kanker paru.

3. Membantu menurunkan risiko diabetes


Selain dapat membantu menjaga kesehatan tulang, daun peterseli diketahui juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid pada daun peterseli yang diketahui dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Meskipun demikian, manfaat daun peterseli dalam emngurangi risiko diabetes baru dibuktikan melalui beberapa tikus percobaan yang mengalami diabetes tipe 1. Manfaat daun peterseli dalam menurunkan risiko diabetes terhadap manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search