Friday, May 8, 2020

Ketahui Dan Hindari Penyebab Menurunnya Sistem Imun Pada Anak

Ketahui Dan Hindari Penyebab Menurunnya Sistem Imun Pada Anak


Saat ini dunia sedang menghadapi sebuah pandemi global yang bernama covid-19. Covid-19 merupakan sebuah penyakit yang disebabakan oleh virus corona jenis terbaru dan awalnya berasal dari kota wuhan, tiongkok. Virus ini dapat menyebar dari manusia ke manusia dan menginfeksi saluran pernapasan serta dapat mengakibatkan kematian pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Umumnya, orang yang memiliki daya tahan tubuh atau sistem imun yang rendah adalah orang yang berusia lanjut, memiliki riwayat penyakit parah seperti diabetes dan TBC, atau orang yang memiliki penyakit auto imun seperti HIV/AIDS. Tetapi, yang tidak boleh luput dari perhatian kita semua adalah anak – anak.
                              
Anak – anak termasuk kelompok usia yang rentan terserang infeksi karena sistem imun atau pertahanan tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Meskipun belum ada kasus anak – anak yang meninggal dunia karena covid – 19, tetapi sudah ada beberapa kasus anak – anak yang positif tertular covid-19 dan menularkannya ke orang lain termasuk ke orang tua mereka . Oleh karena itu, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah anak – anak kita tertular covid-19 selain dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat juga harus meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuhnya. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, anak – anak kita menjadi lebih tahan terhadap berbagai infeksi termasuk infeksi virus corona dan masa penyembuhannya pun bisa berlangsung lebih cepat.

Untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anak – anak, anda bisa memberikan mereka berbagai jenis makanan yang bergizi tinggi seperti beras merah, sayur – sayuran, daging, ikan, susu, buah – buahan dan berbagai makanan bergizi lainnya. 


Selain itu, anda juga harus menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan turunnya sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anak, yaitu :

1. Mengkonsumsi terlalu banyak garam dan gula

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh university hospital of bonn, mengkonsumsi terlalu banyak garam diketahui dapat menyebabkan terjadinya defisiensi atau pengurangan imunitas tubuh. Para peneliti menemukan fakta bahwa jumlah sodium yang berlebih pada ginjal memicu efek domino, yaitu mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bakteri. Sama seperti garam, mengkonsumsi terlalu banyak gula ternyata juga berdampak negatif pada sistem imunitas tubuh yaitu dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bakteri.

2. Kurang bergerak dan jarang berolahraga


Ketika masa karantina dirumah, selain menyelesaikan tugas yang diberikan oleh sekolah, anak – anak umumnya menghabiskan waktu dengan bermain game di rumah. Hal ini tentunya membuat tubuh mereka menjadi kurang aktif bergerak serta dapat membuat otot – otot tubuh dan sistem imunnya menjadi melemah. Meskipun dalam kondisi lockdown, anda harus mengarahkan anak anda untuk selalu aktif bergerak seperti membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, mengajaknya melakukan olahraga ringan, hingga melakukan aktivitas lainnya yang dapat menghasilkan keringat.

3. Kurang memperhatikan waktu tidur

Tidur merupakan salah satu bagian penting dalam proses metabolisme tubuh. Ketika anak anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka daya tahan tubuhnya menjadi menurun dan dia menjadi rentan terserang infeksi. Berdasarkan american academy of pediatrics, rekomendasi waktu tidur untuk anak dibedakan berdasarkan usia, yaitu :
  • Usia 1 – 2 tahun : 11 – 14 jam per hari.
  • Usia 3 – 5 tahun : 10 – 13 jam per hari.
  • Usia 6 – 12 tahun : 9 – 12 jam per hari.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search