Friday, May 8, 2020

Eptifibatide : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Eptifibatide : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah


Pernahkah anda mengalami cedera hingga menimbulkan luka luar ? luka atau sobekan yang terjadi biasanya diiringi pula dengan keluarnya darah. Jika luka yang terjadi hanya berukuran kecil, maka darah yang keluar dari luka tersebut akan berhenti mengalir dengan sendirinya. Hal inilah yang disebut dengan proses pembekuan darah atau hemostatis. Proses pembekuan darah atau hemostatis ini mencakup juga proses koagulasi atau pengentalan darah yang melibatkan pembuluh darah, agregasi trombosit, serta beberapa protein plasma yang mampu membekukan darah dan melarutkan bekuan darah. Proses pembekuan darah memang sangat penting terjadi untuk menghentikan darah yang keluar dari tubuh. Tetapi, jika proses pembekuan darah terjadi didalam pembuluh darah yang tidak mengalami luka atau kerusakan sama sekali, proses ini justru dapat menimbulkan masalah kesehatan.
                                     
Masalah kesehatan yang sering terjadi akibat adanya pembekuan darah didalam pembuluh darah yang sehat biasanya berhubungan dengan masalah jantung. Hal ini disebabkan karena darah tidak dapat mengalir dengan lancar menuju area jantung. Kondisi ini tentunya dapat berakibat fatal karena asupan oksigen yang seharusnya diangkut oleh darah menuju jantung menjadi terhambat dan membuat jantung mengalami kekurangan oksigen dan pada akhirnya dapat menimbulkan tejadinya serangan jantung serta berbagai jenis penyakit jantung lainnya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, anda bisa menggunakan obat eptifibatide. Eptifibatide merupakan obat yang umum digunakan untuk menjaga trombosit dalam darah serta mencegah terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah yang menuju ke jantung.

Eptifibatide juga sering digunakan untuk mencegah terjaidnya pembekuan darah dan serangan jantung pada pasien dengan nyeri dada parah atau pada pasien yang sedang menjalani prosedur angioplasti. Eptifibatide merupakan obat yang digunakan dengan cara disuntikkan kedalam tubuh melalui jarum infus. Anda hanya bisa menerima obat ini melalui injeksi di klinik atau rumah sakit. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Eptifibatide merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis eptifibatide untuk orang dewasa

  • Dosis dewasa untuk myocardial infarction : 180 mcg/kg melalui intravena diberikan sesegera mungkin setelah didiagnosis.
  • Dosis dewasa untuk angina pektoris : 180 mcg/kg melalui intravena diberikan sesegera mungkin setelah didiagnosis.
  • Dosis dewasa untuk sindrom koroner akut : 180 mcg/kg melalui intravena diberikan sesegera mungkin setelah didiagnosis.

Dosis eptifibatide untuk anak – anak

  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat eptifibatide yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi anak – anak sehingga hanya diberikan kepada pasien dewasa saja.

Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat eptifibatide juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat eptifibatide yaitu :

  • Mual
  • Sakit perut
  • Pendarahan di sekitar jarum infus



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:





Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search