Friday, May 8, 2020

Ketahui Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan


Siapa sih yang tidak mengenal sayuran yang satu ini? Yaps, mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat indonesia. Sayuran yang satu ini sering dijadikan sebagai lalapan dan dimakan secara mentah. Selain dijadikan lalapan, mentimun juga bisa diolah menjadi minuman segar seperti es mentimun maupun digunakan sebagai bahan tradisional dalam melakukan perawatan kulit, salah satunya dapat diolah menjadi masker mentimun. Tetapi, selain dapat digunakan sebagai bahan tradisonal untuk perawatan kulit, buah mentimun ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah mentimun bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi

Seperti yang telah kita ketahui, antioksidan merupakan sebuah senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis masalah kesehatan. Mentimun diketahui mengandung beberapa jenis antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan triterpen. Berbagai jenis antioksidan yang ada pada mentimun diketahui dapat membantu melindungi sel – sel tubuh dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi mentimun dan berbagai jenis sayuran lainnya, maka anda dapat terhindar dari efek berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Mencegah dehidrasi

Mentimun merupakan jenis sayuran yang sangat kaya akan kandungan airnya. Sayuran ini bahkan memiliki kandungan air sebesar 96% dari seluruh bobot tubuhnya. Air yang terkandung didalam mentimun diketahui dapat membantu melancarkan penyebaran nutrisi dan pembuangan zat – zat sisa yang tidak diperlukan tubuh.

3. Membantu menjaga berat badan

Karena mayoritas bobot tubuhnya merupakan air, maka sayuran ini juga aman dikonsumsi di malam hari tanpa harus khawatir mengalami kenaikan berat badan. Buah mentimun diketahui hanya mengandung 14 kalori dan hanya mencukupi kurang dari 1% dari kebutuhan kalori harian anda. Karena memiliki kandungan kalori yang rendah, maka sayuran yang satu ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.

4. Membantu mengendalikan kadar gula darah


Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam journal of scientific research, buah mentimun diketahui dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Penelitian ini melibatkan ujicoba terhadap sekelompok tikus dengan diabetes. Hasilnya adalah kadar gula darah pada tikus yang mengalami diabetes dapat menurun hingga ke batas normal. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektifitasnya terhadap manusia.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:





Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search