Friday, May 8, 2020

Ketahui Cara Kerja Covid-19 Dalam Menyerang Organ Vital Manusia

Ketahui Cara Kerja Covid-19 Dalam Menyerang Organ Vital Manusia


Corona virus disease 2019 atau yang kita kenal sebagai coviid-19 merupakan suatu penyakit menular yang sangat berbahaya. Penyakit ini telah menjangkiti lebih dari 1 juta orang diseluruh dunia dan telah menewaskan ratusan ribu orang lainnya. Covid-19 merupakan suatu penyakit yang berasal dari kota wuhan, tiongkok. Penyakit ini pertama kali muncul pada akhir tahun 2019 dan diduga disebabkan oleh infeksi virus corona jenis terbaru yang berasal dari daging kelelawar. Penyakit ini dapat menyebar dengan snagat cepat serta dapat menular dari manusia ke manusia. Organisasi kesehatan dunia atau WHO bahkan telah menetapkan covid-19 sebagai pandemi global dan kini hampir seluruh negara didunia sedang berupaya untuk memeranginya.

Covid-19 merupakan sebuah penyakit yang memiliki gejala awal mirip dengan flu biasa. Tetapi, ketika virus ini berhasil masuk kedalam tubuh, penyakit tersebut dapat menyerang organ vital manusia hingga dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini paling sering menyerang seseorang  yang sebelumnya sudah memiliki penyakit bawaan serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pasien yang sebelumya sudah menderita penyakit infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia diketahui lebih rentan terpapar covid-19. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis terbaru ini diketahui juga dapat muncul tanpa gejala, sehingga anda harus selalu waspada karena setiap orang bisa saja membawa virus tersebut.

Ketika sudah masuk kedalam tubuh, virus corona atau covid-19 langsung bergerak menuju organ – organ vital untuk menginfeksinya serta dapat membuat seseorang menjadi colaps bahkan kehilangan nyawa. 

Berikut ini merupakan beberapa organ vital yang diserang oleh covid-19 yaitu :

1. Paru – paru         

Organ tubuh pertama yang diserang oleh covid-19 ketika berhasil masuk kedalam tubuh adalah organ paru – paru. Seperti yang kita ketahui, paru – paru merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi vital sebagai saluran pernapasan atau tempat pertukaran udara. Apabila covid-19 menginfeksi orang dengan kondisi paru – paru yang sehat, maka paru – paru orang tersebut akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit hingga virus corona yang ada didalam tubuhnya mati dengan sendirinya dalam jangka waktu 14 hari. Tetapi, jika covid-19 menginfeksi orang yang kondisi paru – parunya sudah rusak sebelumnya, maka orang tersebut akan mengalami gejala yang sangat parah, bahkan dapat kehilangan nyawa karena infeksi covid-19.

2. Perut dan saluran pencernaan

Selain paru – paru, virus corona jenis terbaru ini juga dapat menyerang organ perut dan saluran pencernaan. Dilansir dari laman CDC, beberapa orang yang divonis positif mengidap covid-19 dilaporkan mengalami gejala gangguan pencernaan seperti mual dan diare. Kondisi ini sebenarnya sama seperti kasus infeksi SARS dan MERS beberapa tahun yang lalu, yaitu sebanyak ¼ pasien yang teridentifikasi positif juga mengalami mual dan diare. Infeksi covid-19 pada saluran pencernaan bisa terjadi ketika virus memasuki tubuh, maka virus tersebut akan mencari sel hidup yang memiliki protein di luar sel, yaitu reseptor. Kemudian, ketika virus tersebut berhasil menemukan sel yang cocok, virus tersebut akan menjadikan sel reseptor tadi sebagai inangnya dan berusaha memperbanyak diri serta menginfeksi dan merusak saluran pencernaan.

3. Ginjal


Infeksi yang disebabkan oleh covid-19 diketahui juga dapat menyerang organ ginjal serta dapat menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal. Menurut laporan dari JAMA network, beberapa pasien di wuhan, tiongkok, juga mengalami kerusakan ginjal akut dan sewaktu – waktu membutuhkan transplantasi ginjal. Kondisi ini bisa terjadi pad apasien covid-19 yang sebelumnya juga mengalami pneumonia, sehingga sirkulasi oksigen menjadi tersendat yang pada akhirnya kerusakan ginjal pun tidak dapat dihindari.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search