Friday, May 8, 2020

Ergometrine : Obat Untuk Mengatasi Pendarahan Setelah Peroses Persalinan

Ergometrine : Obat Untuk Mengatasi Pendarahan Setelah Peroses Persalinan


Persalinan merupakan suatu proses lahirnya bayi ke dunia dari rahim seorang ibu. Persalinan juga merupakan proses yang terjadi secara alami dengan adanya kontraksi rahim ibu dan dilalui dengan pembukaan untuk mengeluarkan bayi dari dalam rahim. Berdasarkan pengertian diatas, maka proses persalinan bisa diartikan sebagai suatu proses alamiah dimana terjadi dilatasi serviks serta lahirnya bayi dari rahim seorang ibu. Pada proses persalinan normal, seorang ibu biasanya juga mengalami pendarahan seiring dengan keluarnya bayi. Jika tidak segera ditangani, darah yang keluar bersamaan dengan proses persalinan tersebut bisa sangat banyak, bahkan dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayinya.

Oleh karena itu, pendarahan yang terjadi pada saat proses persalinan harus segera ditangani supaya darah yang keluar tidak terlalu banyak. Untuk mengatasi pendarahan yang terjadi saat proses persalinan, dokter biasanya akan memberikan obat anti pendarahan, salah satunya adalah ergometrine. Ergometrine merupakan obat yang sering digunakan untuk mencegah dan mengatasi pendarahan yang terjadi setelah proses persalinan. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi lain sesuai dengan petunjuk dokter. Ergometrine merupakan obat yang termasuk kedalam jenis stimulan uterus. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan kontraksi uterus yang dapat mengurangi keluarnya darah saat proses persalinan.

Ergometrine merupakan obat yang hanya boleh diberikan oleh dokter ataupun tim medis yang berpengalaman. Periksalah label pada kemasan obat untuk mengetahui instruksi yang tepat. Obat ini dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan menggunakan obat ini lebih dari 1 minggu kecuali atas petunjuk dan saran dari dokter. Ergometrine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis ergometrine untuk orang dewasa
  • Pendarahan pada uterus : 200 mcg melalui infus intravena selama 1 menit.


Dosis ergometrine untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat ergometrine yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada anak – anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat ergometrine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat ergometrine, yaitu :
  • Kram pada uterus
  • Timbul reaksi alergi




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search