Friday, May 8, 2020

Ketahui Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Merasakan Gejala Covid-19

Ketahui Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Merasakan Gejala Covid-19


Covid-19 kini sudah menjadi pusat kekhawatiran dunia. Hampir seluruh negara di dunia kini sedang berperang melawan penyakit tersebut. Data terbaru yang dirilis oleh organisasi kesehatan dunia menyebutkan bahwa total kasus covid-19 yang terjadi di seluruh dunia mencapai 1.995.983 kasus dengan angka kematian mencapai 131.037 orang. Di indonesia sendiri, berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh kementrian kesehatan republik indonesia, kasus positif covid-19 di indonesia mencapai 5.516 kasus dengan kasus yang sembuh sebanyak 548 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 496 orang. Angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih banyak sekali kasus yang belum terdeteksi karena keterbatasan alat dan budget untuk rapid test.

Oleh karena itu, diperlukan peran aktif masyarakat untuk membantu memaksimalkan kinerja petugas medis dengan cara melaporkan dirinya ketika merasakan gejala – gejala covid-19. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk selalu mengenakan masker ketika akan bepergian keluar rumah dan selalu menerapkan pola hidup sehat seperti rajin cuci tangan dengan sabun dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi.


Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan ketika anda merasakan gejala covid-19, yaitu :

1. Berdiam dirumah

Jargon dirumah saja yang selalu didengungkan oleh pemerintah dan petugas medis bukanlah tanpa alasan. Perintah untuk berdiam diri dirumah disosialisasikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Seperti yang kita ketahui bersama, virus corona jenis terbaru ini dapat menyebar dengan sangat cepat baik melalui udara, doplet, hingga melalui sentuhan. Jadi, ketika anda memiliki gejala covid-19 seperti batuk dan memiliki suhu tubuh yang tinggi, dan sesak napas maka anda harus mengkaratina diri anda dirumah. Anda juga bisa mengkonsumsi obat – obatan yang bisa diperoleh di toko obat atau apotik untuk meringankan gejala yang anda rasakan.

2. Memisahkan diri dari orang lain ketika sakit

Ketika anda mulai merasakan gejala – gejala covid-19, maka anda harus sadar diri dan segera memisahkan diri dari orang lain yang masih sehat. Hal tersebut dilakukan supaya orang – orang yang ada disekeliling anda tidak ikut tertular virus tersebut. Usahakan pula untuk memisahkan peralatan makan dari anggota keluarga yang masih sehat dan selalu gunakan masker meskipun sedang berada didalam rumah.

3. Melaporkan diri ke pusat kesehatan terdekat

Jika gejala yang anda rasakan sudah semakin parah, maka anda harus segera melaporkan diri anda ke pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ketika mendapatkan pasien dengan gejala yang mirip covid-19, dokter biasanya akan merujuk anda ke rumah sakit khusus yang menangani pasien covid-19. Kemudian, anda akan mendapatkan perawatan di rumah sakit rujukan hingga kondisi anda mulai membaik.

4. Selalu gunakan masker


Masker merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus selalu dikenakan saat dunia sedang dilanda pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Tidak hanya orang yang divonis potiif covid-19 saja yang wajib mengenakan masker, orang sehat pun juga harus mengenakan masker untuk mencegah masuknya virus kedalam saluran pernapasan. Untuk mencegah terjadinya penularan melalui mulut, anda bisa menggunakan masker kain. Meskipun tidak seefektif masker medis, masker kain dinilai cukup efektif untuk menghalau partikel – partikel air liur yang mungkin mengandung virus ketika anda bersin maupun batuk. Tetapi, anda juga harus selalu menjaga jarak aman dengan orang di sekitar anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search