Sunday, May 24, 2020

Ketahui Manfaat Kelapa muda Bakar Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Kelapa muda Bakar Bagi Kesehatan


Buah kelapa merupakan buah yang kaya akan manfaat. Selain daging buahnya yang bisa dimakan dan diolah menjadi santan, air kelapa juga bisa diminum untuk menghilangkan dahaga. Selain dapat menghilangkan dahaga, air kelapa ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat menggantikan elektrolit tubuh yang hilang dan dapat mengobati keracunan, terutama air kelapa muda. Air kelapa muda bisa kita minum secara langsung dari buahnya, ataupun dapat ditambahkan es batu dan dicampur dengan gula merah cair untuk menambah cita rasanya. Selain dijadikan minuman menyegarkan dengan ditambah es batu, air kelapa muda juga bisa diolah menjadi kelapa muda bakar yang dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan.

Kelapa muda bakar merupakan minuman yang berasal dari aceh. Konon, sebelum berangkat ke medan perang, raja – raja aceh selalu mengkonsumsi air kelapa muda yang dibakar terlebih dahulu untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Kelapa muda bakar merupakan minuman air kelapa yang dibuat dengan cara membakar kelapa muda utuh yang masih ada airnya kedalam tungku pembakaran selama 4 jam. Setelah proses pembakaran selesai, kelapa muda tersebut dibuka bagian atasnya untuk memperoleh airnya. Kemudian air kelapa tersebut dicampur dengan susu kental manis dan berbagai jenis rempah seperti sereh, jahe, kayu manis, akar kumis kucing, dan akar – akaran lainnya. Kemudian, semua rempah tersebut diaduk dan dicampurkan kedalam air kelapa dan disajikan secara hangat.

Meskipun belum ada penelitian yang menerangkan manfaat mengenai kelapa muda bakar, tetapi pada dasarnya air kelapa memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, baik disajikan dalam keadaan segar maupun dalam keadaan sudah dipanaskan atau dibakar.


Manfaat air kelapa antara lain :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kelapa muda bakar merupakan minuman yang terbuat dari campuran air kelapa dan berbagai rempah – rempah yang menyehatkan seperti jahe, sereh, kayu manis, dan berbagai rempah lainnya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh seseorang. Mengkonsumsi air kelapa muda bakar dipercaya dapat mengatasi kondisi tubuh yang lesu dan lemas sehingga bersemangat kembali dan daya tahan tubuhnya kembali membaik.

2. Masuk angin

Meskipun tidak tercatat secara medis sebagai gangguan kesehatan, masuk angin merupakan fenomena gangguan kesehatan yang sangat banyak dialami oleh masyarakat indonesia. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti meriang, perut kembung, lelah, demam, pilek, sering mengantuk, mual, diare, dan kurang nafsu makan.

3. Mengatasi diabetes


Air kelapa bakar juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes. Hal ini karena adanya campuran beberapa jenis rempah seperti sereh, jahe, dan kayu manis yang dapat mencegah penyakit diabetes. Tetapi, anda harus meminumnya tanpa tambahan madu, ataupun gula jika ingin terhindar dari penyakit diabetes.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search