Friday, May 8, 2020

Rivastigmine : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Demensia

Rivastigmine : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Demensia


Demensia atau yang juga kita kenal sebagai penyakit pikun merupakan suatu kondisi yang banyak dialami oleh orang – orang yang berusia lanjut. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya penurunan fungsional yang terjadi pada otak. Demensia merupakan kumpulan penyakit dengan gejala – gejala yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Pasien yang mengalami demensia seringkali mengalami kehilangan memori jangka pendek, serta mengalami penurunan kemampuan dalam berbicara dan kemampuan motoriknya. Penyakit demensia bisa disebabkan oleh penyakit lain yang mendasarinya, seperti adanya penyakit alzheimer dan penyakit parkinson. Untuk mengatasi penyakit demensia, anda bisa menggunakan beberapa jenis obat – obatan, salah satunya adalah rivastigmine.
                     
Rivastigmine merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati kebingungan dan demensia yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson. Obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit, tetapi dapat membantu anda untuk meningkatkan memori, kesadaran, dan kemampuan untuk menlakukan aktivitas sehari – hari. Rivastigmine termasuk ke dalam kelas obat neourodegenerative yang bekerja dengan cara menyeimbangkan zat alami (neurotransmitter) pada otak dan mengontrol memori serta kemampuan motorik. Selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat maupun arahan yang diberikan oleh dokter anda sebelum menggunakan obat ini.

Rivastigmine merupakan obat yang biasanya dikonsumsi sebanyak dua kali sehari pada pagi hari dan sore hari. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping seperti muntah dan diare, dokter akan memberikan dosis rendah pada awal pengobatan dan meningkatkan dosis setelah 2 – 4 minggu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan obat ini secara teratur pada waktu yang sama setiap harinya. Rivastigmine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.



Dosis rivastigmine untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk alzheimer :
  • Dosis awal : 1,5 mg diminum dua kali sehari setiap pagi hari dan sore hari.
  • Dosis pemeliharaan : 3 mg diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Dosis dewasa untuk penyakit parkinson :
  • Dosis awal : 1,5 mg diminum dua kali sehari setiap pagi hari dan sore hari.
  • Dosis pemeliharaan : 9,5 mg/24 jam.


Dosis rivastigmine untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat rivastigmine yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat rivastigmine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat rivastigmine, yaitu :
  • Sakit perut
  • Diare
  • Berat badan menurun
  • Lemah
  • Pusing
  • Tangan dan kaki bengkak



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search